FLORESPOS.net-Angkung (Basella alba) adalah tanaman Asia dan biasanya hidup di daerah panas. Buah angkung memiliki warna biru tua. Daging buahnya berwarna merah keunguan saat matang. Buah ini sangat mirip dengan buah anggur.

Buah ini termasuk ke dalam famili Basellaceae yang memiliki daun berwarna hijau dan hidup merambat. Tanaman buah ini sering disebut juga Malabar spinach.

Di Tiongkok dan India, buah angkung sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Buah angkung memiliki manfaat karena kaya nutrisi dan senyawa penting untuk kesehatan.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan minuman.

Buah Angkung dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Melansir alodokter.com, manfaat buah angkung lebih banyak diperoleh berkat senyawa antioksidan, antiradang, dan antikanker.

Selain itu, buah ini juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh, mulai dari karbohodrat, protein, lemak, serat, niasin, asam askorbat, hingga tokoferol.

Oleh karena itu, tidak heran bila buah angkung memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Buah angkung digadang-gadang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Manfaat ini diperoleh berkat senyawa alami yang berasal dari fenol dan flavonoid di dalamnya.

Senyawa tersebut bersifat antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis, termasuk kanker.

Selain kandungan senyawa tersebut, buah angkung juga mengandung senyawa antikanker berupa 2-pyrrolidinone, asam palmitat, dan beta carboline bivalent yang turut berperan dalam melawan sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah angkung mengandung senyawa antioksidan dan antiradang, berupa flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Senyawa ini dapat mengatasi peradangan pada tubuh yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

3. Mengatasi Sembelit

Kalau Anda memiliki masalah pada pencernaan, seperti susah buang air besar atau sembelit, mengonsumsi buah angkung bisa menjadi solusi yang tepat guna mengatasi permasalahan tersebut.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dalam 100 gram buah angkung yang dikeringkan tanpa biji mengandung 12,34 gram serat larut dan 20,16 gram serat tak larut. Kandungan serat tersebut efektif melancarkan pencernaan karena berfungsi sebagai pelunak feses alami.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi buah angkung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini diduga berasal dari senyawa betalain sebagai zat pewarna alami yang bersifat antioksidan dan antiradang guna menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, serat larut yang terkandung dalam buang angkung ikut berperan mengurangi penyerapan kolesterol jahat ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda dapat berkurang.

5. Mencegah Penyakit Stroke

Selain dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan jantung, kandungan flavonoid dalam buah angkung juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke. Kandungan tersebut diketahui menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga penyakit stroke dapat dicegah.

6. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Manfaat buah angkung selanjutnya adalah menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini berkat senyawa antioksidan flavonoid yang terkandung dalam buah angkung. Senyawa tersebut berperan dalam mengendalikan penyerapan glukosa dan mengurangi resistensi insulin.

Bahkan, kandungan antioksidan flavonoid juga dikenal efektif menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan memicu terjadinya penyakit tertentu, termasuk diabetes.

Cara Mengonsumsi Buah Angkung

Agar manfaat yang diperoleh dari buah angkung lebih optimal, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Namun, pastikan buah tersebut sudah dicuci sampai bersih dengan air mengalir.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara dijadikan jus segar. Berikut ini adalah cara mengolah buah angkung menjadi jus:

  • Ambil 7-9 buah angkung dan cuci sampai bersih dengan air mengalir.
  • Masukkan buah tersebut ke dalam blender, lalu tambahkan air secukupnya.
  • Nyalakan blender dan biarkan sampai buah angkung menjadi jus.
  • Tambahkan madu sebagai pengganti gula untuk menambah cita rasa.
  • Buah angkung bisa Anda masukkan dalam menu makanan sehari-hari, karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, Anda tidak disarankan hanya mengandalkan buah angkung sebagai pengobatan alternatif.

Selain itu, Anda juga perlu imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, berolahraga setidaknya 150 menit atau 30 menit setiap 5 kali dalam seminggu, menghindari minuman beralkohol, dan menghentikan kebiasaan merokok.

Bila ingin mengonsumsi buah angkung secara rutin, terlebih Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai kondisi tubuh Anda. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *