ENDE, FLORESPOS.net-Sebanyak 834 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilukada tahun 2024 tingkat Kebupaten Ende telah dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua KPU Ende, Wilhelmus Hermanto Lose pada Minggu (26/5/2024) sore di Auditorium H.J Gadi Djou.

Anggota PPS itu tersebar di 278 desa dan kelurahan dengan rincian masing – masing desa dan kelurahan sebanyak 3 orang. Masa kerja PPS untuk Pemilukada yaitu delapan bulan terhitung mulai dari 27 Mei 2024 sampai 27 Januari 2025.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende, Wilhelmus Hermanto Lose mengatakan PPS adalah bagian dari penyelenggara yang bertugas di tingkat desa dan kelurahan.

Sebagai bagian dari penyelenggara maka anggota PPS yang dilantik bekerja berdasarkan amanat undang- undang, Peraturan KPU, keputusan KPU dan arahan dari penyelenggara tingkat atas demi suksesnya pesta demokrasi.

Dikatakannya, berpartisipasi bersama KPU di Pemilukada selalu dikejar waktu karena setiap tahapan beririsan dengan durasi waktu yang singkat. Dengan demikian maka PPS dituntut harus bekerja cepat, tepat dan profesional.

Setelah pelantikan anggota PPS diminta langsung bekerja membantu PPK dalam pemetaan TPS dan pemutakhiran data pemilih.

“Saya yakin kita dapat berkolaborasi dan bekerja maksimal dalam mencatat lembaran sejarah kesuksesan menyelenggarakan pesta demokrasi. Setelah ini langsung bekerja membantu PPK melakukan pemetaan TPS dan pemutakhiran data pemilih,” katanya.

Ketua KPU Ende juga mengingatkan kepada PPS yang dilantik terkait dua hal mutlak yang wajib disukseskan yaitu sukses dalam tahapan penyelenggaraan Pemilukada dan tuntas administrasi.

Penjabat Bupati Ende, Dr Agustinus Ngasu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Ende, Hiparkus Hepy mengatakan pelantikan anggota PPS jadi momentum proses demokrasi menuju pemilu yang semakin baik.

Pemilu dinilai sukses jika tidak ada konflik pada setiap tahapan termasuk proses pemilihan, penghitungan suara hingga pleno dan penetapan. Dengan demikian maka bekerjalah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Tugas PPS sangat mulia maka harus melaksanakan tugas sesuai dengan amanat undang-undang. Mari kita wujudkan pemilu yang bermartabat,” kata Penjabat Bupati Ende.

Pantauan media ini anggota PPS yang mengikuti pelantikan mengenakan pakaian adat. Usai pelantikan dilanjutkan dengan Bimtek.

Hadir pada kegiatan pelantikan PPS, Forkopimda Ende, Ketua dan anggota Bawaslu Ende, Sekretaris KPU Ende, Mey Tanty Viliawaty Tunggal de Santo dan staf sekretariat, Ketua PPK dari 21 Kecamatan di Kabupaten Ende. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *