MBAY, FLORESPOS.net-Kaban Bappelitbangda Kabupaten Nagekeo, Kasimirus Dhoy, di lantik sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Kabupaten Nagekeo.

Namun dalam pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Nagekeo, yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Nagekeo, di ruang VIP Bupati Senin (20/5/2024), Kasimirus Dhoy tidak hadir pada kesempatan itu.

Selain Kasimirus, ada 3 orang yang di lantik, yakni Syarifudin Ibrahim, jabatan lama Asisten Elonomi dan Pembangunan Kabupaten Nagekeo dan jabatan baru Kadis PUPR Kabupaten Nagekeo, Tarsisius Djogo, jabatan lama Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Kabupaten Nagekeo dan jabatan baru Sekretaris Dewan Kabupaten Nagekeo dan Olivia Monika Mogi, jabatan lama Kadis Pertanian Kabupaten Nagekeo dan jabatan baru Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Nagekeo.

Penjabat Bupati Nagekeo Raymundus Nggajo dalam sambutan mengatakan sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, pelantikan ini dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi.

Bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu, tetapi lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas Pembangunan Kabupaten Nagekeo di masa transisi ini.

Menurut Penjabat, pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah hal yang wajar dan merupakan bagian dari pada pola kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta dalam rangka mendukung pelayanan publik yang lebih baik.

“Pelaksanaan Pelantikan hari dilakukan setelah melewati tahapan sesuai aturan yang berlaku yaitu mulai dari proses persetujuan dari Komisi ASN untuk dilakukan uji kompetensi dan selanjutnya mendapatkan Persetujuan Teknis dari Badan Pada kesempatan yang baik ini saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya. Saya berharap para pejabat yang dilantik dapat melaksanakan tugas barunya dengan baik,” kata Penjabat Raymundus.

Penjabat Raymundus menambahkan penting bagi saudara saudari untuk bekerja dengan penuh dedikasi dan menjadi teladan bagi para staf di lingkungan kerja, dengan mempedomani budaya kerja ASN yaitu berakhlak berpotensi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif agar kita terus memiliki semangat dan kemampuan yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas baik sebagai abdi negara, abdi pemerintah maupun sebagai abdi masyarakat.

“Perlu kita sadari, jabatan di lingkup ASN bukan Jabatan Politik tapi Jabatan Karir yang mengacu kepada Kinerja bukan kedekatan. Jadi jabatan yang kita emban bukan sesuatu yang harus kita sombongkan tetapi jabatan yang kita terima harus dipertanggungjawabkan dalam bentuk kinerja pelayanan kita bagi Masyarakat.”

“Oleh karena itu menuntaskan berbagai persoalan di ruang lingkup tugas masing-masing. segera melaksanakan konsolidasi terhadap pegawai yang ada di instansi masing-masing, melaksanakan fungsi kepemimpinan dengan tetap melakukan konsultasi ke atas, serta koordinasi ke samping sehingga terjadi sinergi terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepemimpinan serta selalu tertib administrasi karena tugas utamabdalam pelaksanaan pemerintahan saat ini adalah semua kegiatan yang dilaksanakan harus dapat dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

Perlu ditegaskan dan dipahami serta diingat dengan baik, setiap jabatan yang diamanahkan pada ASN tentunya diikuti harapan besar oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah. Jagalah kepercayaan yang diberikan ini agar benar-benar berkontribusi positif bagi percepatan peningkatan kinerja perangkat daerah masing-masing.

“Harapan saya, sebagai seorang pejabat tinggi pratama harus memiliki inisiatif, dan mampu membuat program inovatif yang menjadi solusi dalam Lakukan hal kecil dengan cinta dan kasih. Cinta dalam ucapan dan Kasih dalam Tindakan,” tegas Penjabat Raimundus.

Masih Agenda di Kantor

Terpisah Kasimirus Dhoy yang di hubungi Florespos.net, melalui pesan whatsapp terkait pelantikan dan alasan tidak hadir dalam kegiatan itu, ia mengatakan masih di kantor dan masih ada beberapa agenda.

“Saya masih di kantor. Masih ada beberapa agenda terjadwal,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Setda Kabupaten Nagekeo Lukas Mere, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Yosefus Dhenga, Dandim 1625/Ngada diwakili Pabung 1625/Ngada Lettu Inf Adam Natal, Kapolres Nagekeo AKBP Andrey Valentino, S.I.K.

Tokoh agama Katholik RD Efiditus Egidius Nong, tokoh agama Islam Hamdan Karaeng, para Asisiten Kabupaten Nagekeo Imaneul Ndun, Agustinus Fernandes, SE dan Syarifudin Ibrahim, para Staf Ahli Kabupaten Nagekeo Elias Taek dan Efraim Goa, Pimpinan OPD Kab. Nagekeo. Peserta pelantikan sebanyak 3 orang. Satu tidak hadir. *

Penulis: Arkadius Togo I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *