MBAY, FLORESPOS.net-Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di semua tingkatan memiliki tanggungjawab penting bagi terciptanya Pemilu yang bermartabat.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) termasuk bagian penting dari seluruh proses pemilu, baik Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden maupun pemilukada.

Untuk itu PPK wajib menjaga integritas diri dan selalu menjaga kejujuran dalam melaksanakan tugasnya.

Hal ini dikemukakan Ketua KPUD Nagekeo, Fransiskus Huber Waso ketika melantik 35 anggota PPK dari 7 Kecamatan Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT, di aula Hotel Pepita Mbay, Kamis (16/5/2024).

Huber Waso mengingatkan PPK yang akan mengemban tugas dalam hajatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTT dan Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo Tahun 2024 mampu menjalankan tugasnya secara bermartabat.

Pelantikan anggota PPK 7 kecamatan Kabupaten Nagekeo, disaksikan unsur Forkopimda, Bawaslu dan undangan lainnya.

Huber Waso mengatakan, tahun ini antusiasme peserta yang mengikuti seleksi/rekrutmen sangat besar, sehingga memberikan motivasi tersendiri bagi pihaknya dalam melaksanakan tugas mulai dari tahapan rekrtumen hingga pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

Dia menjelaskan, PPK akan melaksanakan tugas sebagai penyelanggara pemilu di tingkat kecamatan dalam hajatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo Tahun 2024.

Dikatakan, dalam tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam PKPU ini KPU Nagekeo telah melaksanakan tahapan pembentukan panitia Ad hock

KPU Nagekeo sejak tanggal 23 April 2024 telah mengeluarkan pengumuman pendaftaran calon PPK hingga hari ini tanggal 16 Mei 2024 terselenggaranya pelantikan.

“Tidak terasa tinggal 174 hari lagi pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota akan kita laksanakan. Rekan-rekan PPK akan membantu KPU melakukan pendaftaran pemilih, pemutakhiran data pemilih, penyusunan Daftar Pemilih Sementara, Penetapan DPT hingga pelaksanaan Pemilihan. Bangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai komponen, jaga integritas dan tegakan prinsip-prinsip keadilan, keterbukaan, kejujuran,” katanya.

Tugas penyelenggara pemilihan, kata Huber Waso adalah melayani peserta pemilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo dan juga melayani para pemilih.

“Bentengi diri kita dengan regulasi dan petunjuk teknis pelaksanaan pemilukada. Mari kita sukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, ciptakan suasana yang damai dalam setiap tahapan pemilihan,” katanya. *

Penulis: Arkadius Togo I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *