BAJAWA, FLORESPOS.net-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se Kabupaten Ngada sukses melaksanakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diikuti 17 SMA.

Kegiatan berlangsung pada 26-30 April 2024 resmi ditutup oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten Ngada, Hendrianto Emanuel Ndiwa pada Selasa (30/4/2024).

Ketua Panitia O2SN Tingkat SMA di Kabupaten Ngada Romanus Wowa dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang bertemakan “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi” telah menghasilkan sejumlah prestasi dari masing-masing sekolah yang mengutus anak-anaknya untuk berlomba/bertanding.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Jerebuu, ini MKKS SMA di Kabupaten Ngada tahun ini mencoba untuk mengaktualisasi dan mendukung program pemerintah dengan melaksanakan lima cabang olahraga yang diperlombakan, yakni atletik, renang, bulutangkis, pencak silat dan karate.

Anak didik yang berprestasi akan mendapatkan banyak manfaat untuk mengembangkan karir belajar atau profesionalnya dengan peluang mendapatkan beasiswa dan pembinaan untuk mencapai prestasi maksimal.

Cabang olahraga atletik untuk kategori Putra juara 1 diraih Yanuarius Bate dari SMAS Citra Bakti Malanuza, Juara 2 Yohanes Raja dari SMAS Santo Thomas Aquino Mataloko dan juara 3 Viktorianus Klaudius Ladu dari SMAN I Golewa Selatan.

Sedangkan untuk kategori Putri juara 1 Maria Lolita Lopa diikuti Maria Delviana Bupu semuanya dari SMAS Citra Bakti Malanuza dan juara 3 atas nama Marshyanny Bhoki dari SMAN 1 Aimere.

Untuk cabang Badminton Putra  juara 1 Mathius F.A.Lado Meno dari SMAS Seminari St. Bercmans Mataloko. Sedangkan juara 2 dan 3 dari SMAN 1 Bajawa atas nama M. Ashari Akbar dan Aris Putra Bimantoro.

Putri Juara I atas nama Lousia Natalia Tan’uni dari SMAS Regina Pacis Bajawa, Juara 2 Maria Magdalena Meo dari SMAS Citra Bakti Malanuza dan juara 3 Chika K. Kirana Uge.

Cabang olahraga pencak silat untuk kategori Putra dijuarai Silvianus Wuda dari SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa dan juara 2 Yohanes Kiventus Bani dari SMAN I Soa.

Kategori Putri, juara 1 Mery Queen R.G. Patti dari SMAS Regina Pacis Bajawa, juara 2 Maria Vilka Nova Bogo dari SMAN 1 Aimere dan Genoveva F.G.Moi dari SMAN I Soa meraih juara 3.

Untuk cabang renang Putra mendapat juara 1 Ramdani dari SMAN I Aimere, Juara 2 Oswaldianus Wea dari SMAN 2 Bajawa, sedangkan juara 3 Egenius Do Doa dari SMAS Regina Pacis Bajawa.

Renang Putri juara 1 Muthia Halisda dari SMAN 1 Aimere diikuti Yustina Mau Selu dari SMAN 1 Soa dan Maria Putri Podhi dari SMAS Regina Pacis Bajawa.

Untuk cabang karate kategori Putra hanya diikuti oleh SMAS Regina Pacis Bajawa, sedangkan Putri dengan berat di atas 53 Kg juara 1 diraih Alexdaria Sonita Ea dari SMAN 2 Bajawa dan juara 2 Margaret Geraldine Pureklalon.

Dan untuk kelas dibawah 50 kg dijuarai masing-masing Maria Ros Venerin Meze dan Maria Theresia Alberta E.U. Betu dari SMAS Regina Pacis sedangkan juara 3 diraih Maria Novilianti Naru dari SMAN I Bajawa.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Ngada Hendrianto Emanuel Ndiwa dalam sambutan penutupan mengatakan kegiatan O2SN ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengembangkan bakat dan potensi para siswa dan mendapat dukungan dari seluruh Kepala Sekolah SMA se-Kabupaten Ngada.

Menurut Kepala SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa yang sering disapa Herdin Diwa ini mengatakan tugas MKKS membelajarkan kepala sekolah untuk menjadi pemimpin pembelajaran, membuat guru jadi kreatif,  kemudian membuat siswa menjadi generasi emas dimasa mendatang.

Lanjutnya, menuju Indonesia emas Tahun 2045 di mana  menghadapi bonus demografi generasi muda saat ini menjadi pelaku dan  akan menjadi pewaris apa yang diletakan oleh pendahulu.

Katanya, sebagai kepala sekolah, tentunya terus belajar, belajar mendesain kegiatan, belajar mengamati bagaimana kegiatan itu dapat berjalan dengan baik. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *