BAJAWA, FLORESPOS.net-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk pertama kalinya menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten Tahun 2024.

“Kegiatan O2SN SMA tingkat Kabupaten Ngada tahun 2024 dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 30 April 2024,” kata Ketua Panitia Pelaksana O2SN Kabupaten Ngada Romanus Wowa kepada Florespos.net, Jumat (26/4/2024).

Romanus menjelaskan, kegiatan ini merupakan wahana aktualisasi unjuk prestasi peserta didik. Selain itu juga momentum untuk menemukankenali anak-anak berbakat atau mempunyai potensi talenta dari masing-masing cabang olahraga.

Ada lima cabang olahraga diperlombakan, masing-masing cabang atletik terdiri dari lari 100 meter dan 400 meter yang dilaksanakan di Stadion Lebijaga Bajawa.

Untuk cabang renang 50 meter dan 100 meter dilaksanakan di kolam renang Wolobaja, pencak silat dan karate di Aula SMAN I Bajawa serta cabang bulutangkis dilaksanakan di GOR swasta.

Romanus yang juga merupakan Kepala SMA Negeri 1 Jerebuu ini menjelaskan, jajaran pelaksanaan O2SN SMA tahun 2024 tingkat Kabupaten Ngada adalah peserta didik kelas 10 dan 11 yang masih terdaftar secara resmi dalam data Dapodik di SMA atau sederajat di wilayah Ngada baik negeri maupun swasta.

Selanjutnya, ajang O2SN SMA diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi.

Mekanisme bertingkat tersebut, jelasnya merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Diharapkan, dari kegiatan tersebut terwujudnya wadah bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga juga terpilihnya peserta didik terbaik dalam bidang olahraga sebagai pemilik unggul atlet tingkat Kabupaten Ngada dan yang paling penting adalah membangun jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri juga bertanggung jawab selain membangun jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.

Wakil Ketua MKKS SMA/MA Kabupaten Ngada, Johanes Emilianus Rade Bhoki saat membuka kegiatan di Lapangan Lebijaga Bajawa mengatakan O2SN dalam beberapa cabang olahraga baru pertama kali dilakukan tingkat SMA di Ngada.

Pembinaan dan pengembangan olahraga di setiap jenjang pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan diejawantakan dalam program kerja MKKS SMA tingkat Kabupaten Ngada.

Hal ini merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan Pendidikan Nasional yang meliputi pola hati atau kalbu, olah rasa, pola pikir dan olahraga di mana olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan dan persaudaraan.

Kegiatan ini akan menjadi program rutin MKKS SMA untuk tahun-tahun selanjutnya dalam sebuah komitmen para kepala sekolah untuk membina minat dan bakat siswa.

“Yang dikejar bukan kejuaraan namun keterlibatan serta peran serta sebagai ekspresi pengembangan minat, bakat serta kemampuan,” katanya.

Pantuan Florespos.net, selain dihadiri oleh para atlet juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Sekolah SMA, guru olahraga, guru pendamping dan wasit serta dewan Juri. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *