LARANTUKA FLORESPOS.net-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dijadwalkan mulai menabuh gong pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur periode 2024-2029 pada Jumat (26/4/2024).

Sesuai tahapan dan jadwal, saat ini KPU Flores Timur membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Para PPK dan PPS yang lulus seleksi nantinya disebar pada 19 Kecamatan, 250 Desa/Kelurahan di Kabupaten Flores Timur.

“KPU Flores Timur akan melaunching Pilkada Flores Timur pada Jumat, 26 April 2024 pukul 14.00 Wita di Taman Kota Larantuka,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklik, Parmas dan SDM) KPU Flores Timur, Herman Yopi Latu, Rabu (24/4/2024).

Herman Yopi mengatakan, saat ini KPU Flores Timur membuka perekrutan PPK dan PPS. Perekrutan Badan Ad Hock KPU PPK itu dibuka 23-29 April 2024.

Kalau kuota belum memenuhi syarat, kata Herman Yopi, jadwal perekrutan akan diperpanjang tiga hari, yakni tanggal 30 April hingga 2 Mei 2024.

Sementara, untuk perekrutan PPS dibuka tanggal 2-8 Mei 2024, dan apabila belum memenuhi kuota akan diperpanjang tanggal dari tanggal 9-11 Mei 2024.

“Penelitian administrasi calon PPK pada 24 April-3 Mei 2024. Pengumuman hasil penelitian administrasi calon PPK tanggal 4-5 Mei. Seleksi tertulis calon PPK tanggal 6-8 Mei. Dan tahapan selanjutnya,” katanya.

Herman Yopi mengatakan, PPK dan PPS yang lulus seleksi akan disebar pada 19 kecamatan (PPK) dan 250 Desa/Kelurahan di Kabupaten Flores Timur. Para PPK dan PPS tersebut akan bekerja untuk Pilkada Flores Timur.

“Sekretariat KPU Flores Timur sudah mengantar surat pengumuman pembukaan pendaftaran atau perekrutan ke kecamatan dan desa/kelurahan untuk ditempel dan diumumkan ke masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Herman Yopi mengatakan, sambil terus berproses, setelah launching KPU Flores Timur melakukan sosialisasi mengenai tahapan Pilkada Flores Timur.

Herman Yopi menyebutkan beberapa tahapan dan jadwal Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur, yakni penyerahan dokumen syarat dukungan berupa copi KTP Elektronik dan Surat Pernyataan Dukungan (SPD) bagi pasangan calon perorangan/ independen tanggal 5 Mei sampai 19 Agustus 2024.

Pengumuman pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tanggal 24-26 Agustus 2024. Pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tanggal 27-29 Agustus 2024.

Lalu, penelitian persyaratan pasangan calon 27 Agustus-21 September 2024. Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada 22 September 2024.

Kampanye tanggal 25 September-23 November 2024 dan pemungutan suara berlangsung pada 27 November 2024.

Herman Yopi mengatakan, khusus pasangan calon perorangan/independen Bupati dan Wakil Bupati, sesuai peraturan menyerahkan syarat dukungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbaru atau Pemilu 2024.

Kata Herman Yopi, DPT Kabupaten Flores Timur pada Pemilu 2024 lalu, berjumlah 208.890 pemilih.

Artinya, menurut Herman Yopi, kalau sesuai peraturan persyaratan dukungan 10 persen dalam bentuk copi KTP dan SPD bagi pasangan calon perorangan, maka berjumlah 20.889 disertai SPD dari pemberi dukungan.

Pantauan Florespos.net, selama sepekan ini, partai politik di Kabupaten Flores Timur di antara, Golkar, Demokrat, PDIP dan PKB tengah melaksanakan tahapan internal penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur untuk mengikuti kontestasi Pilkada 2024.

Sejumlah nama bakal calon, baik bupati maupun wakil bupati bermunculan di meja sekretariat partai politik tersebut dan publik Kabupaten Flores Timur.

Hingga saat ini, tercatat baru satu bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur yang bakal maju melalui jalur independen, yakni pasangan Lukman Riberu dan Zakarias Paun. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Wall Abulat

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *