LARANTUKA, FLORESPOS.net-Gembira dan sukacita tampak jelas pada wajah warga khususnya Kelompok Tani Eson Dore Desa Lewobunga, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Betapa tidak, kerinduan akan ketersediaan air bersih, akhirnya terjawab pada Selasa (16/4/2024), ditandai dengan dimulainya pengerjaan pengeboran sumur.

Pengerjaan pengeboran sumur yang didukungan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Julie Sutrisno Laiskodat bekerjasama dengan PT. TEP Indonesia diawali dengan serimonial adat setempat.

PT. TEP Indonesia memberi perhatian dengan membangun sumur bor untuk mendukung ketersediaan air bagi pengembangan masyarakat di Desa Lewobunga.

Pertanian menjadi sektor yang menjanjikan bagi perkembangan ekonomi di Desa Lewobunga. Sebagian Masyarakat hidup dengan menjual sayur di pasar. Sayur yang di jual sebagian besar berasal dari desa-desa di Pulau Adonara.

Sementara, nasyarakat Desa Lewobunga belum bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk menghasilkan sayur karena keterbatasan air apalagi di musim kemarau.

Sebelum dimulai pengeboran, Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat melalui Tenaga Ahli Jener Alison bersama Tim PT. TEP melakukan survei pada April 2023 lalu.

Tim Ahli dan PT. TEP bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, Kepala Desa, anggota DPRD Kabupaten Flores Timur Fraksi Nasdem Abdul Wahab Saleh dan segenap masyarakat khususnya Kelompok Tani Eson Dore.

Tim Teknis dari PT. Thalweg Nusantara Awallul Syaban menyatakan hasil geolistrik menunjukkan lokasi yang disurvei di Desa Lewobunga memiliki potensi lapisan air tanah yang cukup besar. Karena hampir semua lintasan pengujian geolistrik mendeteksi keberadaan air sehingga bisa dilakukan pengeboran.

Boli, Ketua Kelompok Tani Eson Dore menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI, Julie Sutrisno yang akrab disapa Bunda Julie dan PT. TEP Indonesia.

“Walau jauh di sana tapi masih ingat kami yang jauh di desa dalam menggapai perekoniam. Kami jual sayur beli di tempat lain, untung kami tidak seberapa. Semoga sumur bor ini bisa memberikan yang lebih baik untuk pendapatan kami,” katanya.

Kelompok tani yang dipimpinnya, kata dia, akan tanam hortikultura. Untuk ketersediaan air bersih, kelompoknya juga siap berbagi dengan masyarakat desa maupun desa tetangga.

“Kita berharap dalam doa semuanya bisa berjalan lancar. Restu Lewotanah dan Sang Pencipta menjadi tuntunan kami,” kata Boli.

PT. TEP Indonesia adalah perusahan minyak nasional Thailand. Perusahaan ini mewujudkan komitmennya ikut mendukung pembangunan di Provinsi NTT.

Komitmen yang sudah berjalan selama ini di sektor kesehatan dan penyediaan infrastruktur sumber daya air.

Di sektor kesehatan misalnya, PT.TEP berperan mendukung penanganan masalah stunting di Pulau Timor, meliputi Kabupaten Kupang, TTS, dan TTU.

Sedangkan penyediaan infrastruktur air yang sudah berhasil dilakukan adalah di Kabupaten Manggarai Timur, berupa pembangunan sumur bor di Desa Mano Kecamatan Poco Ranaka yang sudah di resmikan.

Selain itu, juga di Desa Nilo, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka dan Desa Dadawea, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada sementara dikerjakan. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *