ENDE, FLORESPOS.net  – Penjabat Bupati Kabupaten Ende, Dr. Agustinus Ngasu yang baru dilantik pada 7 April 2024 lalu di Kota Kupang sudah tiba di Kota Ende, Selasa (9/4/2024) pagi.

Dr. Gusti bersama ibu penjabat ketua PKK Ende, dr. Muna Fatma disambut tarian adat di bandara Ende dan mengikuti acara penyambutan di Aula Rujab Bupati Ende, jalan El Tari.

Acara penyambutan ini dihadiri oleh Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, Dandim 1602 Ende, Letkol Kav I Nengah Pendi, pimpinan OPD lingkup Pemkab Ende dan para ASN.

Saat memberikan sapaan pada acara penyambutan tersebut, Dr. Gusti langsung menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Ende melanjutkan tugasnya agar tidak terjadi kekosongan atau  kevakuman pemerintahan.

Pejabat yang ditunjuk  menjadi Plh. Sekda Ende yaitu pejabat eselon II senior di Pemkab Ende.  Pejabat tersebut yaitu  Kepala Inspektorat Ende, Efraim Diakon.

Kepada wartawan, Dr. Gusti menguraikan alasannya menunjuk Efraim Diakon sebagai Plh. Sekda Ende sambil menunggu penunjukan pejabat Sekda dari Kemendagri.

Dr. Gusti mengatakan alasan menunjuk Efraim karena dia adalah pejabat eselon II paling senior dan sudah memegang jabatan pimpinan OPD pada berbagai OPD.

“Dia paling senior dan sudah jabatan kepala pada beberapa OPD dan juga sudah menjadi kepala OPD pada tiga Bupati,” kata Dr. Gusti.

Alasan kedua, Efraim ditunjuk jadi Plh. Sekda karena saat ini ia menjadi kepala Inspektorat Ende.

“Saat ini kita baru memulai maka perlu Inspektorat agar kita tau titik nol untuk memulai,” katanya.

Alasan ketiga, Efraim telah memenuhi syarat menempati jabatan Plh. Sekda dan diusulkan oleh Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Ende.

“Dia memenuhi aturan dan diusulkan oleh pimpinan OPD, mereka sudah sepakat. Dengan demikian maka aman, tidak terjadi konflik dan langsung kerja,” kata Penjabat Bupati Ende.

Sementara itu, Efraim Diakon kepada wartawan mengatakan menerima tugas itu dan tetap berkoordinasi dengan Penjabat Bupati Ende. Ia juga berterimakasih kepada Penjabat Bupati dan pimpinan OPD yang telah memberikan kepercayaan.

“Tugas Plh. Sekda itu tidak gampang maka saya tetap berkordinasi dengan Penjabat Bupati baik kebijakan dan teknis kegiatan lainnya. Plh  itu tugasnya lebih pada urusan admistrasi untuk membantu Penjabat Bupati,” katanya.

Usai acara penyambutan di Rujab Bupati Ende, Penjabat Bupati dan ibu menuju kediaman pribadi di Jalan Garuda Ende.*

Penulis:Willy Aran/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *