LARANTUKA, FLORESPOS.net-Prosesi Jumat Agung Semana Santa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), berlangsung hari ini, Jumat (29/3/2024).

Ribuan peziarah dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara serta umat Katolik di Keuskupan Larantuka sejak pagi memadati area Kapela Tuan Meninu, di Kota Rowido, Kelurahan Sarotari, dan Pieta di kawasan Pantai Kuce, Kelurahan Pohon Sirih, Kecamatan Larantuka.

Di Kapela Tuan Meninu, para peziarah mengikuti ibadat Jalan Salib, Jumat terakhir dalam masa prapaskah. Mereka larut dan khusyuk berdoa diiringi nyayian ovos (ratapan duka).

Dari Kapela Tuan Meninu ini, peziarah dan umat mengantar Tuan Yesus Tersalib ke Armida-nya terletak di Pohon Sirih melalui laut.

Begitu pula, terjadi di Pieta di Pantai Kuce. Peziarah dan umat ikut ibadat Jalan Salib dan larut dalam doa.

Di Pantai Kuce, persisnya di depan Istana Raja Larantuka, peziarah dan umat menyambut Tuan Yesus Tersalib yang antar dalam prosesi laut. Sambil terus berdoa khusyuk, mereka mengantar Tuan Yesus Tersalib ke Armida-nya.

Pantauan Florespos.net, Jumat (29/3/2024), setelah ibadat Jalan Salib, peziarah dan umat tertujuh ke taman doa. Di taman doa ini, sudah ada Bero, sampan/perahu khusus ditempatkan Tuan Yesus Tersalib.

Sekitar pukul 12.05 Wita, Bero yang membawa Tuan Yesus Tersalib mulai mengarung laut teluk Gonzalu.

Peziarah dan umat pun menggunakan kapal motor ikut mengarungi laut mengantar Tuan Yesus Tersalib.

Pada bagian depan Bero Tuan Yesus Tersalib, puluhan perahu Laskar Tuan Meninu, bagian kiri dan kanan, Bero Tuan Yesus Tersalib di kawal oleh 7 Peledang (Perahu Nelayan) Lamalera dan puluhan kapal motor peziarah.

Tampak dari pesisir Pantai Sarotari, Pantai Lebao hingga Pantai Kuce, peziarah dan umat berdiri dan berdoa.

Saat Bero Tuan Yesus Tersalib melintas di depan, mereka membuat tanda salib.

Bero dan Tuan Yesus Tersalib tiba di Pante Kuce pukul 13.30 Wita dan selanjutnya diantar ke Armida di Pohon Sirih. *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *