BORONG, FLORESPOS.net-Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap bekerja sama dengan Google for Education Indonesia .

Kesepakatan itu setelah Penjabat Bupati Manggarai Timur Boni Hasudungan Siregar didampingi Kepala Dinas PPO Manggarai Timur Winsensius Tala memenuhi undangan menghadiri acara Indonesia Education Summit (IES) 2024 di Jakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, (5/3  2024) di Gedung Google Indonesia sebagai lanjutan dari forum Education Leader Series yang dilaksanakan di beberapa negara Asia Pasifik pada tahun 2023.

IES 2024 mempertemukan para pengambil kebijakan bidang pendidikan di tingkat daerah, nasional dan internasional untuk dapat berbagi wawasan terkait transformasi pendidikan, terutama tentang bagaimana teknologi dapat menciptakan pendidikan yang lebih inklusif bagi semua siswa.

Pada kegiatan ini, selain berbagi informasi juga disepakati untuk meningkatkan integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah-sekolah di Manggarai Timur, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur melalui Dinas PPO akan menjalin kerja sama dengan Google for Education Indonesia dalam bentuk program Manggarai Timur Goes Digital with Google for Education Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen kerja sama, telah dilakukan penyerahan plakat kerja sama yang diterima secara langsung oleh Penjabat Bupati Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar yang didampingi oleh Kepala Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur, Vinsensius Tala, di Kantor Google di Jakarta.

Pada tahap awal akan dilakukan pengenalan pemanfaatan chromebook dan google workspace dengan memanfaatkan akun belajar.id sebagai cara baru untuk belajar yang ditujukan kepada guru perwakilan sekolah penerima chromebook.

Selain itu akan dilaksanakan pelatihan Pre-Level 1 (LO) untuk kepala sekolah dan guru calon Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG) yang bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan menggunakan teknologi dalam rangka melakukan transformasi digital dalam pembelajaran.

Untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian pemanfaatan chromebook dan google workspace, Google akan menyelenggarakan Boothcamp Google Certified Educator Level 1. Ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG).

Penjabat Bupati Boni Hasudungan menyampaikan terima kasih  untuk Google for Education Indoneis dan harapannya untuk kerja sama yang akan dibangun.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan dunia pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Google for Education Indonesia atas kemitraan ini. Semoga kerja sama ini dapat mempercepat transformasi digital di sekolah-sekolah di Kabupaten Manggarai Timur demi meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar para siswa di Kabupaten Manggarai Timur. Kami menunggu tim Google yang akan ke Matim dalam waktu dekat ini.”

Pada kesempatan ini para peserta IES juga  melaksanakan observasi praktik baik pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah Gema Nurani Bekasi.*

Penulis: Albert Harianto I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *