LARANTUKA, FLORESPOS.net-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Flores Timur, NTT, pada tahun anggaran 2024 ini mendapat alokasi Rp 10 miliar dari pemerintah pusat untuk pembangunan fasilitas layanan Perpustakaan Daerah.

Perpustakaan Daerah dengan kontruksi bangunan dua lantai ini segera dibangun di kawasan Batuata, Kelurahan Waihali, Kecamatan Larantuka atau persis lokasinya berdampingan dengan Kantor Pos Larantuka.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Flores Timur Marianus N. Waton menjelaskan, fasilitas layanan Perpustakaan Daerah itu saat ini sudah dan sedang berproses untuk pembangunan fisik atau konstruksi.

“Tender fisik/kontruksi bangunan fasilitas layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Flores Timur sudah selesai. Masih tersisa Konsultan Pengawas. Perpustakaan dengan kontruksi bangunan dua lantai dibangun dipusatkan Kota Larantuka,” kata Marianus Waton kepada Florespos.net, Senin (4/3/2024).

Marianus Waton mengatakan, dana pembangunan fisik fasilitas layanan Perpustakaan Daerah, pengadaan mebeler, dan teknologis informasi dan komunikasi (TIK) bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

“Selain bangunan fisik yang akan dibangun selambat-lambatnya 8 bulan ini, juga pengadaan mebeler dan TIK. Gedung Perpustakaan Daerah ini menjadi pusat layanan perpustakaan, literasi dan sekaligus menjadi sarana berbagai kegiatan literasi bagi masyarakat Flores Timur. Hadirnya perpustakaan daerah ini juga diharapkan dapat menjadi daya dorong inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam berbagai bidang,” katanya.

Marianus Waton mengharapkan masyarakat dan semua pihak mendukung agar pembangunan Perpustakaan Daerah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selain itu, Marianus Waton berharap rekanan yang mengerjakan proyek tersebut dapat melaksanakan pekerja dengan baik, berkualitas dan selesai sesuai waktunya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Flores Timur Adrianus B.A. Lamablawa mengatakan paket proyek yang sudah ditenderkan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Flores Timur.

Paket proyek tersebut, yakni Jasa Konsultasi Pengawasan Fasilitas Layanan Perpustakaan Daerah pagu anggaran Rp 200.000.000. Lalu, tender Pembangunan Konstruksi Fasilitas Layanan Perpustakaan Daerah dengan pagu anggaran Rp 9.700.000.000.

“Paket pembangunan konstruksi sudah ditenderkan. Pemenangnya, PT Restu Suko Mau dengan nilai kontrak Rp 9.664.770.000. Sementara Konsultan Pengawas masih berproses. Dua paket ini sumber DAK 2024,” kata Adrian Lamablawa kepada Florespos.net, Rabu (28/2/2024). *

Penulis: Wentho Eliando I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *