RUTENG,FLORESPOS.net –  Tahun 2023, Manggarai mendapat alokasi dana Inpres untuk penanganan infrastruktur jalan raya di Kecamatan Satar Mese dengan anggaran mencapai sebesar Rp 47  miliar lebih.

Realisasi fisik tidak bisa rampung hingga akhir tahun lalu sehingga di-adendum pengerjannya oleh dua rekanan, yakni PT Wijaya Graha Prima dan PT Genta Bangun Nusantara.

Progres terkini hingga akhir Februari 2024, satu paket tetap belum rampung, yakni masih 98 persen dan yang satu lagi sudah rampung yang ditandai telah dilakukan provisional hand over (PHO).

Per telepon, Rabu (6/3/2024) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.3. Jalan Nasional wilayah Manggarai, Djibrael Tuka Rohi mengatakan, untuk paket yang dikerjakan PT Genta sedang dalam pengerjaan dengan tempoh tinggi.

“Buktinya dalam kurun waktu yang ada telah realisasi mencapai 98 persen. Kiranya semangat kerja tetap tinggi agar proyek itu bisa segera rampung,” katanya.

Kerja harus ekstra karena masa adendum itu hanya 90 hari kerja. Rekanan harus bisa menyelesaikan pekerjaannya dalam kurun waktu yang ada.

Kondisi riil di lapangan, demikian Djibrael, aspalnya untuk jalan sepanjang 7 KM sudah selesai disiram. Karena itu, persentasenya perampungannya  meningkat tinggi.

Selanjutnya, rekanan harus fokus mengerjakan item yang belum selesai atau item yang belum tersentuh sama sekali.

Ditanya kapan target rampungnya paket jalan raya Simpang Cepang menuju Simpang Melo hingga Bangka Sumba, Djibrael, tidak bisa memastikan karena kondisi sulit di lapangan seperti cuaca dan hujan serta kendala teknis lainnya.

“Kita memang ingin bisa segera rampung paket itu,” katanya.

Menurutnya yang sudah di-PHO, paket yang dikerjakan PT Wijaya Graha Prima untuk jalan Iteng menuju Nanga Woja hingga Simpang Melo.

Sebelumnya, seorang warga Iteng di Ruteng, Hiro Eman mengatakan, ini sangat luar biasa untuk masyarakat di wilayah selatan Manggarai. Infrastruktur jalan memang perlu bagus mengingat kawasan itu gudang berasnya Manggarai.

“Itu juga jalur selatan Manggarai raya dengan sejumlah destinasi wisata dunia. Apresiasi atas semua ini,”katanya.

Dana Inpres Infrastruktur tahun 2023 untuk Kabupaten Manggarai sebesar Rp 47,8 miliar lebih dengan total panjang jalan yang dikerjakan, 13,5 Km.

Rincian yang dikerjakan PT Wijaya Graha Prima sepanjang 6,5 Km dan PT Genta Bangun Nusantara sepanjang 7 Km. *

Penulis: Christo Lawudin/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *