LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) terus memperkuat sinergi dan kolaborasi bersama berbagai pihak, salah satunya dengan otoritas Bandara setempat, yaitu Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo Labuan Bajo.

Langkah tersebut ditempuh BPOLBF dalam rangka meningkatkan target kunjungan wisatawan/ turis ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) khususnya, dan Flores NTT pada umumnya.

Plt Direktur Utama BPOLBF, Fransiskus Saverius Teguh dalam pertemuan dengan Kepala Bandara Komodo Labuan Bajo, Ceppy Triono, mengungkapkan pertemuan dimaksud dilakukan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam rangka mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan melalui promosi berbagai konten pariwisata Labuan Bajo yang bisa dilakukan di kawasan Bandara.

Pada pertemuan, Selasa (5/3/2013) itu, Frans Teguh yang didampingi Direktur Pemasaran dan Direktur Destinasi BPOLBF, berharap kerja sama antara BPOLBF dengan pihak Bandar Udara Komodo Labuan Bajo tetap terjalin demi pengembangan pariwisata di Labuan Bajo Flores.

“Kita selama ini sudah bekerjasama secara terintegrasi, bahkan kami selalu mendapat dukungan data informasi real time seperti pergerakan kunjungan atau pergerakan kedatangan wisatawan yang mana sangat membantu kita agar bisa memproyeksikan penyetaraan dan tipologi pariwisata di Labuan Bajo, ungkap Frans Teguh.

Menurut Frans Teguh, penguatan konten promosi pariwisata Labuan Bajo harus diperkuat untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan dan sekaligus mempertimbangkan bahwa promosi pariwisata Labuan Bajo harus memperhatikan konten informasi yang tepat dan sesuai.

“Dari sisi konten, ini merupakan tugas kami karena kami mempunyai cukup banyak materi informasi yang bisa dijadikan konten, sehingga mungkin untuk memperkaya konten promosi dan skema-skema dalam melakukakukan promosi kami siap,” ungkap Frans Teguh.

Kepala Bandara Komodo Labuan Bajo, Ceppy Triono, menjelaskan pihaknya saat ini telah menjalankan program baru, yaitu Pojok Baca. Lokasinya di ruang keberangkatan bandara yang bertujuan memberikan informasi maupun data kepada para pengunjung.

“Kebanyakan yang kunjung Pojok Baca itu wisatawan, yang ternyata mereka itu kesulitan mendapatkan informasi terkait Labuan Bajo maupun Flores. Tentu ini tantangan bagi kami untuk mengkoneksikan seluruh Flores melalui penyediaan informasi menjadi satu kesatuan yang utuh,” jelas Ceppy.

Dalam pertemuan tersebut Ceppy juga menjelaskan bahwa trafik kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo pada low season tahun 2024 ini justru sangat meningkat jika dibanding dengan trafik kunjunga turis pada low season tahun 2023 lalu.

Pada low season Januari dan Pebruari tahun 2024 jumlah kunjungan berbeda dengan saat low season tahun 2023 lalu. Low season tahun 2024  ini mengalami peningkatan, di mana pada Januari 54.000 kunjungan dan pada Februari 52.000 kunjungan.

Sementara low season tahun 2023 lalu, jumlah kunjungan di Januari sebesar 38.000, dan Februari sebesar 32.000 kunjungan.

“Tahun dua ribu dua puluh empat ini sangat mengalami peningkatan yang cukup baik, ” kata Ceppy.

Sebagai informasi, tahun ini pihak Bandara Komodo juga mengajukan penambahan penerbangan internasional rute Labuan Bajo-China. *

Penulis: Andre Durung I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *