RUTENG, FLORESPOS.net-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap meluncurkan program pusat untuk masyarakat yang terkena dampak buruk Elnino tahun 2024 ini.

Bantuan pangan yang diberikan itu berupa beras 10 kg untuk setiap bulannya. Beras itu diberikan kepada penerima bantuan pangan (PBP) yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk mempersiapkan peluncuran bantuan itu, Pemkab melalui Distan dan Ketahanan Pangan Manggarai mengecek stok beras di Perum Bulog, Ruteng, Jumat (2/2/2024).

Pengecekan beras di gudang Bulog Cunca Mawar Ruteng dipimpin Plt. Kadistan Laurens A. Laoth bersama staf dan diterima Kabulog Manggarai, Muthain Muhammadong bersama sejumlah stafnya.

Pantauan wartawan, dalam gudang itu penuh beras yang sudah dikemas dalam karung plastik. Ketika itu sempat dilihat juga kualitas beras dan ukuran beras dengan timbangan.

Menurut Plt. Kadistan Laurens A. Laoth, program bantuan pangan untuk masyarakat terdampak Elnino segera disalurkan ke penerima di Manggarai ini.

Karena itu, perlu dicek kesiapan unsur terkait agar pelaksanaan jalan baik dan lancar nantinya.

“Program ini segera dilaksanakan penyalurannya kepada PBP. Pekan depan, kita luncurkan yang ditandai dengan launching di tingkat kabupaten,” katanya.

Dikatakan, kedatangan ke Bulog tidak lain untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan beras yang ketentuannya diberikan setiap bulan.

Untuk Manggarai, demikian Plt. Laurens, sesuai dengan data hasil verifikasi, keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 54.922 keluarga.

Jumlah beras per bulan, 549.220 ton atau untuk per triwulan sebanyak 1.647.660 ton.

Sedangkan Kabulog, Muthain Muhammadong mengatakan, pihaknya sudah siap melaksanakan program pemerintah itu. Beras tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan dua kabupaten.

“Beras sudah siap dalam kemasan. Beras yang diberikan berkualitas medium,” katanya. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *