BORONG, FLORESPOS.net– Bupati Manggarai Timur Agas Andreas meresmikan Puskesmas Afirmasi Proto Tipe Lenang di Lonto Ulu, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Jumat (26/1/2024).

Peresmian diawali upacara adat ‘teing hang’ memberi makan leluhur pada malam hari, dilanjutkan upacara adat ‘pukang’ pada pagi hari dan diakhiri penutupan dengan misa syukur dipimpin Romo Jhon Tala, Pr.

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Timur dr. Surip Tintin menjelaskan Puskesmas Lenang dibangun tahun 2023 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan melalui pembahasan dengan Kementerian Kesehatan.

Dokter Tintin mengatakan pembangunan puskesmas prototype dari 3 puskesmas selain Puskesmas Mok dan Puskesmas Kisol.

Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan sebagai berikut: Pembangunan Gedung Puskesmas pagu sebesar Rp.7.576.409.000, Pembangunan Rumah Dinas Kopel pagu sebesar Rp.873.420.000, Pembangunan IPAL Puskesmas pagu sebesar Rp.651.985.000, Pembangunan Prasarana Listrik Puskesmas (Solar Cell) Pagu sebesar Rp 973.450.000.

Pengadaan Prasarana Air Bersih Puskesmas pagu sebesar Rp. 189.990. 320 sehingga total anggaran kegiatan pembangunan Puskesmas Lenang sebesar Rp.10.265.254.320.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas kepada Floresspos.net usai peresmian mengatakan jangan banga ketika banyak orang mau berobat di Puskemas tetapi bangga ketika banyak masyarakat yang sehat karena pelayanan petugas kesehatan.

Pelayanan kepada masyarakat jangan seperti pemadam kebakaraan yang tunggu kejadian luar bisa baru mulai sibuk untuk memberikan pertolongan.

Puskesmas sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan dan ujung tombak sistem pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam menyelenggarakan upaya kesehatan yang harus memenuhi berbagai syarat yakni, tersedia, berkesinambungan, dapat diterima dan wajar, mudah dicapai, mudah dijangkau, dan bermutu.

Bupati Agas Andreas mengatakan agar tercapai derajat kesehatan yang optimal peran tersebut pada dewasa ini semakin dituntut akibat adanya perubahan-perubahan epidemiologi seperti penyakit, perubahan struktur organisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dan, perubahan sosioekonomi masyarakat dan pelayanan yang lebih efektif, ramah dan sanggup memenuhi kebutuhan mereka.

Bupati Agas Andreas mengungkapkan pemerintah telah bersungguh-sungguh dan terus menerus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan baik.

Puskesmas diharapkan dapat bertindak sebagai motivator, fasilitator dan turut serta mamantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah kerjanya yang mendukung terciptannya lingkungan dan perilaku sehat.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Siprianus Habur, pimpinan OPD, Camat Lamba Leda Selatan, Kapospol Mano dan Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan, Pastor Paroki Tanggar Romo Jhon Tala dan undangan. *

Penulis: Albert Harianto I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *