Oleh: RD. Donnie Migo

Rabu, 20 Desember 2023

(Rabu Adven III)

Saudara-saudariku yang terkasih dalam Kristus,

Peristiwa Santa Perawan Maria menerima kabar dari Malaikat Gabriel merupakan titik penting dalam kisah kelahiran Tuhan Yesus Kristus.

Kabar itu pada intinya menyampaikan bahwa Maria akan mengandung, melahirkan dan menamai puteranya Yesus.

Tentu bukan kabar biasa-biasa saja tetapi suatu kabar yang melengkapi misi keselamatan manusia melalui kelahiran Juru Selamat dunia.

Pada bagian awal dari penyampaian kabar ini, Gabriel menyapa Maria dengan “Engkau yang dikaruniai,” dengan kata lain engkau yang telah mendapat berkat.

Salam ini menegaskan bahwa Tuhan telah mempersiapkan Maria dari dalam rahim ibunya yang telah dikandung tidak dengan noda (Immaculta) untuk menjadi Ibu Tuhan (Mater Dei).

Pernyataan Gabriel dalam injil Lukas hari ini sekaligus menegaskan rahmat istimewa yang diperoleh Maria; yang membuatnya menjadi satu-satunya manusia yang dikandung tanpa noda asal dan diangkat dari antara orang mati serta menerima mahkota kemuliaan di surga (Asumptha).

Selanjutnya sapaan Gabriel itu diikuti dengan salam “Tuhan menyertaimu,” yang dengan jelas menunjukkan bahwa Maria tidak hanya telah dipersiapkan tetapi Tuhan selalu berjalan bersama dengannya; menuntun, melindungi dan menjaganya.

Salain itu, salam ini juga memberikan keterangan bahwa Gabriel datang sebagai utusan Allah yang menjadi pembawa pesan bagi Maria.

Salam ini yang kemudian kita digunakan dalam liturgi menjadi “Tuhan bersamamu.” Diakon atau Imam yang menyampaikan salam ini menegaskan bahwa Tuhan sedang mengutus mereka untuk menyampaikan kabar sukacita kepada semua orang yang berpartisipasi dalam perayaan itu.

Di hari-hari dalam minggu ketiga masa adven ini, marilah kita menyadari kehadiran Santa Perawan Maria yang telah menjawab “Ya” atas pilihan Allah untuk mempersiapkannya menjadi Ibu Tuhan.

Keterbukaan hatinya pada panggilan Allah ini menjadi teladan bagi umat katolik untuk mempersiapkan diri di masa adven. *

RD. Donnie Migo, Imam Keuskupan Maumere, Mahasiswa Global Programs (Missouri School of Journalism) pada University of Missouri, USA

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *