RUTENG, FLORESPOS.net-Keluarga besar SMPN 4 Langke Rembong di Lao, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjalankan dengan baik apa saja maunya kurikulum merdeka.

Salah satu implementasinya adalah menggelar kegiatan gebyar akhhir tahun 2023 selama beberapa hari dalam bingkai tema ‘Bersama SMPN 4 Langke Rembong Menuju Generasi Emas (Edukatif, Mandiri, Aktif dan Santun)’.

Kepala SMPN 4, Wens Resman mengatakan, apa yang dilakukan sekarang ini adalah upaya mewujudkan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

“P5 ini masuk dalam salah satu pembahasan Kurikulum Merdeka,” katanya kepada Florespos.net, Sabtu (9/12/2023).

Kerangka besar P5 adalah memberi ruang dan waktu kepada para siswa untuk mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter profil pelajar Pancasila.

Dikatakan, dalam proses belajar ini, apa yang diajarkan direncanakan secara baik. Dengan itu, tujuannya jelas apa yang dicapai nantinya.

Lalu, pengembangan kompetensi juga jelas, yakni bisa terbuka untuk menyerap kompetensi hidup yang lain.

Dan, nantinya para siswa bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain guna memperkaya hasil pembelajaran.

Apa yang dilakukan ini, sekolah ingin mewujudkan anak didik yang  berkompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sebelumnya Ketua Panitia, Guru Apolonia Larasati Rotok mengatakan, salah satu wujud dari P5, sekolah mengadakan kegiatan gebyar akhir tahun berupa perlombaan antar kelas.

“Kita pengetahuan dan ketrampilan para siswa dalam lomba-lomba. Para siswa sudah tahu itu,” ujar Guru Apolonia yang didampingi Sekretaris guru Isadora Nahi dan Seksi Dokumentasi Guru Sepi. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *