LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Kantor Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT, bisa digunakan untuk koordinasi berbagai pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di DPSP Labuan Bajo dan 11 kabupaten yang berada di dalam koordinasi BPOLBF.

Menteri Sandi sampaikan di selah-selah kunjungan kerjanya di Labuan Bajo 5-7 Desember 2023 dalam rangka menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) Pengembangan 5 DPSP diadakan di Golo Mori Convention Center (GMCC), Rabu (6/12/2023).

Tiba di Labuan Bajo, Menparekraf didampingi Direktur Utama BPOLBF dan Kepala Bandara Komodo di Labuan Bajo melakukan peninjauan backdrop travel pattern Kota Labuan Bajo dan Kawasan Floratama yang dipajang di Ruang Kedatangan Bandar Udara Komodo Labuan Bajo.

Melalui travel pattern ini, para wisatawan yang baru saja landing bisa mendapat gambaran lokasi atau destinasi wisata yang dapat dikunjungi, tidak hanya di Labuan Bajo saja tetapi juga di beberapa destinasi lainnya di wilayah Floratama (Flores, Alor, Lembata, dan Bima).

Selanjutnya, Menteri Sandi juga melanjutkan kunjungan kerjanya ke kantor BPOLBF di Labuan Bajo yang merupakan Satuan Kerja di bawah Kemenparekraf.

Kunker ini merupakan kunjungan pertamanya setelah Kantor BPOLBF resmi berpindah lokasi dari Jl. Pantai Pede Gorontalo ke Jl. Soekarno Hatta.

Menurut Sandi, lokasi kantor yang saat ini lebih strategis dapat memberikan pelayanan publik yang lebih prima kepada para stakeholder.

“Hari ini saya mengadakan kunjungan kerja di Kantor BPOLBF. Lokasi Kantor ini lebih strategis dan bisa digunakan untuk koordinasi dengan pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di DPSP Labuan Bajo dan 11 Kabupaten yang berada dalam koordinasi Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menparekraf juga disuguhi Kopi Juria Colol dari Manggarai Timur. Kopi yang dicicipi Menparekraf ini disiapkan langsung oleh dua orang siswa yang merupakan siswa binaan Kopito dari SMA Negeri 1 Borong, Manggarai Timur.

“Saya juga mengapresiasi karena BPOLBF sudah memberi kesempatan kepada Calvin dan Mon dari Manggarai Timur. Semoga kedua adik-adik kita ini ikut menjadi tenaga kerja terampil di ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo,” ungkap Menteri Sandi.

Dirut BPOLBF Shana Fatina dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Kantor BPOLBF senantiasa terbuka untuk memberikan pelayanan publik yang prima serta memperkuat koordinasi bersama seluruh stakeholder terkait.

“Seperti yang disampaikan Pak Menteri, baik di lokasi kantor sebelumnya dan yang sekarang, kantor kami selalu terbuka untuk berbagai koordinasi lintas sektor demi memajukan sektor parekraf di DPSP Labuan Bajo dan 11 Kabupaten Koordinatif kami” jelas Dirut Shana.

Dalam kunjungan kerja di hari pertama ini, Menparekraf juga menghadiri Forum Kemitraan Bisnis RI-RRT di Meruorah dan mengadakan visitasi ke Rumah Bambu di Desa Batu Cermin, Labuan Bajo. *

Penulis: Andre Durung I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *