LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Demi peningkatan kunjungan turis ke Labuan Bajo khususnya dan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT umumnya, perlu dibangun berbagai sarana prasarana (sarpras) di Golo Mori, Kecamatan Komodo, antara lain hotel, vila dan dermaga.

Hal itu diangkat dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) lintas Kementerian/Lembaga terkait tentang 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia, bertempat di Golo Mori Convention Centre, Mabar, Rabu (6/12/2023).

Rakornas tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Ad Interim, Erick Thohir. Ikut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, sejumlah Wakil Menteri, Bupati Mabar Edistasius Endi dan lain-lain.

Diketahui, Golo Mori adalah nama gunung sekaligus nama desa, pas di mulut laut Sawu. Zona selatan Kecamatan Komodo ini juga bagian dari Flores barat dan berhadapan dengan Taman Nasional Komodo (TNK), khusus Pulau Rinca. TNK juga bagian dari Kecamatan Komodo Mabar.

Dalam Rakornas itu dibeberkan sejumlah alasan dibangunnya hotel, vila dan dermaga di Golo Mori. Antara lain karena Golo Mori Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dekat dengan TNK dan dekat dengan Labuan Bajo ibu kota Mabar dan juga salah 1 dari 5 DPSP di tanah air, disamping Mandalika, Toba, Borobudur dan Likupang.

Dengan penetapan Golo Mori sebagai KEK memicu banyak wisatawan melancong di zona khusus tersebut dan sekitar. Maka perlu dibangun hotel dan vila serta lain-lain di Golo Mori demi memenuhi kebutuhan wisatawan.

Sehubungan dengan hal yang sama pula, pembangunan dermaga di Golo Mori untuk menghubungkan Flores dan Taman Nasional (TNK) via Pulau Rinca, karena pulau ini (Rinca) bagian dari TNK yang juga bagian dari Kecamatan Komodo Mabar.

Di sela-sela Rakor itu, Menteri Erick juga resmikan Golo Mori Convention Center (GMCC), PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). *

Penulis: Andre Durung I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *