BAJAWA, FLORESPOS.net-Yohanes To’i, yang baru-baru ini memperkuat PSN Ngada pada Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 Tahun 2023 resmi bergabung di EPA Borneo FC di Kalimantan.

Yohanes To’i yang akrab disapa Ebin To’i bergabung di Elit Pro Akademi (EPA) Borneo FC bersama dua temannya, Yohanes Raja dari SMAS Katolik St.Thomas Aqunino Mataloko dan Aldonius Lalu dari SMAK St. Agustinus Langa.

Ebin To’I, putra dari Maksimus Be’i dan Maria Elisabet Bhubu Sapu merupakan siswa Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Katolik Regina Pacis Bajawa.

Kepala SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa Hendrianto Emanuel Ndiwa mengatakan sebelumnya Kevin Bay yang juga merupakan siswanya telah bergabung di Barito Putra dan kini prestasi yang sama terukir oleh Ebin To’i.

Herdin Ndiwa, sapaan akrab Kepsek SMA Recis Bajawa mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya, Ebin To’i tersebut. Dia mendukung penuh minat dan bakat anak-anaknya untuk menjadi pemain profesional.

“Melalui Soeratin Cup, Ebin di lirik oleh Borneo FC. Terima kasih untuk dukungan orang tua, Pemda, Askab, Asprov, Manajer, Tim Pelatih PSN dan dukungan masyarakat luas,” katanya kepada Florespos.net, Selasa (5/12/2023).

Herdin Ndiwa berharap, agar lima nilai yang sudah membudaya di Recis harus dibawah ke mana saja mereka berada yakni sikap jujur, rendah hati, selalu pasrah pada Tuhan dan bersyukur tanpa henti.

Pelatih Andry Nanga dan Eman Loke yang juga adalah guru bagi Ebin To’i di SMA Regina Pacis memberi peneguhan, pesan dan harapan.

“Harus disiplin, rendah hati dan miliki daya juang yang tangguh. Dan jangan lupa mengandalkan Tuhan untuk terus bersyukur,” tegas Andry dan Eman.

Sementara Ebin To’i pada kesempatan yang sama mengatakan hobi bermain sepak bola sejak kecil. Ketika duduk di bangku SD selalu diikutsertakan dan terlibat dalam pertandingan sepak bola.

Namun saat SMP memang tidak bisa mengikuti turnamen bersama teman-temannya karena dilanda pandemi covid-19. Lembaga pendidikan SMA Regina Pacis telah membuatnya lebih mengembangkan bakatnya di dunia sepak bola.

Tahun 2022, dia sudah terlibat dalam turnamen Liga Pelajar Soeratin Cup U-17 di Kabupaten Ende dan 2023 kembali memperkuat PSN Ngada di laga yang sama.

“Tahun 2022, saya juga pernah memperkuat PSN Ngada di Piala Soeratin dan saya mampu mencatatkan nama di papan skor dengan mencetak 1 gol melawan Persab Alor,” kata Ebin To’i bangga.

Pada tahun 2023, Ebin To’i memperkuat PSN Ngada di turnamen Soeratin Cup di Kabupaten Ngada dan mampu membawa PSN Ngada menjuari turnamen tersebut.

“Saya terpilih menjadi pemain terbaik dan mencetak 4 gol. Saya bahagia sekali dan terima kasih untuk semua yang mendukung saya,” ungkapnya lagi.

Dia sangat berbahagia karena menjadi pemain bola merupakan impian sejak kecil dan apa yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan yang besar dari berbagi pihak seperti orang tua, teman-teman, para guru dan juga Pemerintah Kabupaten Ngada.

“Di sekolah, karena mendapat dukungan dari Kepala Sekolah dan semua bapak dan ibu guru/pegawai dan juga teman-teman siswa,” kata Ebin To’i.

Ebin To’i juga berkeinginan menjadi pemain profesional yang bisa membanggakan orang tua, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat.

Dia mengatakan, bermain bola merupakan bakat yang penting untuk dikembangkan.

Ebin To’i tidak mau meninggalkan proses belajar mengajar walaupun dilakukan secara online karena sama penting untuk menjaga keseimbangan hidup dan masa depan. *

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *