BAJAWA, FLORESPOS.net-Bupati Ngada Andreas Paru, Minggu (3/12/2023) menyerahkan bantuan Dana Hibah sebesar Rp50.000.000 bagi umat Stasi St. Maria Bunda Penolong Abadi Hobotopo, Desa Bogoboa, Paroki Salib Suci Soa.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan usai mengikuti perayaan ekaristi bersama umat di Hobotopo yang dipimpin Pastor Paroki RD.Siprianus Wona.

Kristoforus Ceme, Ketua Stasi St. Maria Bunda Penolong Abadi Hobotopo, Desa Bogoboa, Paroki Salib Suci Soa mengatakan, Stasi St Maria Penolong Abadi Bogoboa merupakan situasi yang baru dibentuk beberapa bulan lalu.

Sebagai sebuah stasi kecil dengan jumlah keluarga sebanyak 35 KK dan umat 200-an lebih memang belum memilik Kapela permanen.

Umat hanya menggunakan tempat darurat yang beratapkan daun kelapa dan saat ini sedang membangun sebuah gedung kapela baru.

Kondisi ini juga mengharuskan umat untuk bersepakat mengumpulkan uang sebanyak Rp500.000 per kepala keluarga yang tentunya akan sangat memberatkan umat dengan kondisi perekonomian umat saat ini.

Bantuan Pemerintah Kabupaten Ngada sangat berarti dalam upaya meringankan beban umat sembari berharap ada tangan-tangan kasih lainnya yang dapat membantu mereka membangun rumah ibadah tersebut.

Bupati Ngada Andreas Paru usai menyerahkan bantuan untuk pembangunan Kapela Hobotopo merupakan wujud representasi bahwa Gereja tidak berjalan sendiri.

Gereja bersama pemerintah merupakan dua kekuatan yang sama-sama mempunyai peran untuk pembangunan masyarakat maupun umat.

Dalam proses pembangunan Kapela ataupun Gereja, umat tidak berjalan sendiri karena dalam keterbatasan umat yang juga merupakan keterbatasan masyarakat, pemerintah harus hadir membantu.

Beban yang dipikul oleh umat dalam pembangunan rohani menurutnya harus pula menjadi bagian dari beban yang dipikul oleh rakyat.

Pembangunan yang ingin dicapai adalah pembangunan manusia seutuhnya baik rohani maupun jasmani.

Selama dirinya bersama Wakil Bupati dipercayakan masyarakat Kabupaten Ngada untuk memimpin daerah ini komitmen tersebut telah di wujud nyatakan.

Telah ada 36 Stasi di 7 Paroki yang telah didatanginya untuk memberikan bantuan bagi umat walaupun ada juga yang belum terjangkau untuk dibantu.

Dirinya bangga terhadap semangat masyarakat yang adalah umat Hobotopo di mana walaupun mengikuti Perayaan Ekaristi beratapkan daun kelapa namun mengikuti perayaan ekaristi.

“Bantuan yang diberikan ini setidaknya dapat meringankan beban umat,”tambahnya.

Pastor Paroki Salib Suci Soa, RD Siprianus Wona menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tinggi kepada pemerintah daerah Kabupaten Ngada yang begitu serius membantu umat terutama dalam pembangunan rumah ibadah.

Diharapkan kepada panitia pembangunan Kapela untuk dapat melakukan pembangunan secara baik dan bertanggung jawab serta peran serta umat agar proses pembangunan dapat dilaksanakan cepat dan berkualitas.*

Penulis: Wim de Rozari I Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *