Oleh: RD. Donnie Migo

Senin, 4 Desember 2023

(Senin Adven I)

Saudara-saudariku yang terkasih dalam Kristus,

Memasuki hari-hari dalam minggu adven yang pertama mengajak kita sekalian untuk merenungkan satu hal yang sangat penting dalam berjaga sambil berdoa, yakni iman.

Bagaimana kita memberikan perhatian pada pertumbuhan iman kita?

Kesempatan di masa adven adalah berkat bagi kita sekalian untuk bertumbuh dalam iman dan cinta kasih, sehingga belajar dari iman perwira dalam injil Matius hari ini (8:5-11), yang mengatakan kepada Tuhan Yesus bahwa ia tidak pantas menerima Tuhan dalam rumahnya merupakan gambaran tentang seorang yang percaya.

Ia menyadari bahwa ia adalah seorang pendosa, ia tentu memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menerima tamu, tetapi ia menyadari bahwa Tuhan tidak perlu datang ke rumahnya melainkan cukup bersabda saja maka hambanya akan sembuh.

Ia percaya bahwa Kuasa Kristus melampaui jangkauan tangan manusia dan ia percaya bahwa hambanya bisa sembuh karena kekuatan Firman Tuhan.

Bertolak dari kepedulian dan cinta sang perwira pada hambanya, Tuhan Yesus mengajak kita sekalian untuk mengisi masa Adven ini dengan menyadari kelayakan kita di hadapan Allah dan menjadi semakin percaya bahwa Tuhan dapat membantu kita untuk menyelsaikan persoalan-persoalan dan kesulitan-kesulitan yang sedang kita hadapi.

Percaya kepada Tuhan melalui FirmanNya yang kita baca dan renungkan setiap hari. Semoga semangat berjaga kita dipenuhi dengan pendalaman akan Sabda Allah. *

RD. Donnie Migo, Imam Keuskupan Maumere, Mahasiswa Global Programs (Missouri School of Journalism) pada University of Missouri, USA

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *