Oleh: RD. Donnie Migo

Minggu, 3 Desember 2023

(Minggu Adven I)

Saudara-saudariku yang terkasih dalam Kristus,

Pada hari minggu ini kita memasuki Minggu Adven yang pertama. Kesempatan bagi kita sekalian untuk mempersiapkan diri menantikan kedatangan Kristus pada hari natal.

Di minggu pertama masa adven kita dihadapkan dengan panggilan untuk berjaga, di minggu kedua kita dipanggil untuk bertobat, di minggu ketiga kita diajak untuk bersukacita dan di minggu terakhir kita diteguhkan untuk lebih beriman.

Perjalanan kita selama empat minggu ini merupakan kesempatan kita untuk berjalan bersama keluarga kudus Nasareth dalam iman menuju kota Bethlemen.

Kembali kepada tema tentang berjaga di Minggu Adven yang pertama ini, kita merenungkan ketiga bacaan suci di mana bacaan pertama dari Kitab Nabi Yesaya menegaskan peran Allah sebagai Bapa yang pencipta dan penuh belas kasih serta kita semua adalah hasil karya tanganNya.

Yesaya menyadarkan kita bahwa panggilan kristiani yang tertanam sejak pembaptisan bahwa kita sekalian adalah anak-anak Allah.

Sementara dalam bacaan injil, Tuhan Yesus mengingatkan kita untuk selalu berwaspada dan berjaga sebab kita tidak tahu kapan Tuhan akan datang untuk mengunjungi kita.

Sikap berwaspada itu menunjukkan bahwa seorang beriman selalu berusaha agar terang imannya tetap bernyala melalui doa dan ekaristi.

Berjaga juga adalah ekspresi dari kesadaran kita akan keterbatasan kita akan pengetahuan tentang Allah; “sebab Dia akan datang dengan tiba-tiba.”

Di samping itu, Surat Rasul Paulus yang pertama kepada Jemaat di Korintus menegaskan bahwa kita perlu bersyukur atas kasih karunia dan rahmat dari Allah yang mempersatukan kita dengan Kristus, sehingga melaluinya kita dapat berjaga sambil berdoa.

Kita akan mudah sekali jatuh ke dalam dosa jika kita terlepas dari persatuan dengan Kristus, Jadi dalam berjaga perlu mempertegas relasi kita dengan Kristus dan dengan Gereja melalui doa dan Ekaristi.

Bertolak dari pesan bacaan-bacaan ini maka dapat kita renungkan bahwa ajakkan untuk berjaga sebenarnya suatu panggilan untuk mengenal identitas kristiani kita sebagai anak-anak Allah yang sedang menanti kedatangan PuteraNya. Mari kita menyadarinya di awal masa adven ini. *

RD. Donnie Migo, Imam Keuskupan Maumere, Mahasiswa Global Programs (Missouri School of Journalism) pada University of Missouri, USA

Silahkan dishare :

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *