MAUMERE, FLORESPOS.net-Penampilan memukau para siswa-siswi yang membawakan aneka acara dalam Pentas Seni SMPK Frater Maumere, di Aula Mardi Wiyata, Maumere, Kabupaten Sikka, Jumat (1/12/2023) malam membuat ribuan warga yang menyaksikan terhipnotis.

Dalam ajang ini,  warga sangat antusias menyaksikan setiap mata acara yang dipentaskan.

Tak sedikit dari penonton merangsek maju ke dekat panggung untuk melihat pentasan dari dekat.

Bahkan ada penonton melakukan aksi nekat berdiri di atas kursi atau wadah yang tinggi dengan tujuan agar melihat secara detail  setiap pentasan yang berjalan.

Disaksikan Florespos.net, acara pentas seni dibuka Plt. Sekda Kabupaten Sikka Robertus Ray, S.Sos.

Hadiri Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka Germanus Goleng, Ketua Komite SMPK Frater Maumere Petrus da Silva yang juga Anggota DPRD Sikka, Ketua FTBM Sikka Gregorio C. Ferreira, serta ribuan warga lintas agama.

Dalam pentas seni itu, siswa-siswi Spater mementaskan puluhan acara yang dikemas sangat menarik berkat dampingan para guru/mentor.

Ada pun acara yang dipentaskan oleh para siswa dalam Pentas Seni ini dibuka dengan tarian Tarian Papak, lalu dilanjutkan Tarian Pitek Wu Ta’a.

Rangkaian acara lainnya, yakni pesan dan kesan peserta magang oleh Jeslyn Bosco dalam bahasa Inggris, lalu penampilan duo penyanyi Helda Banabera dan Angel Leyn, Solo Vocal Helda Banabera, atrasi Perkusi yang melibatkan ratusan siswa, pentasan  Medley Nusantara, Musikalisasi Puisi, Dramatisasi Puisi “Cinta Tanah Air”, musik dan tarian tradisional Jata Kapa, Asamble musik, Shimpony dan Sesaat Kau dan Hadir, paduan suara Manu Basa Liras dan I Thank of God, Tarian kreasi Tu’an Pire Nata Loar, Teater Nyanyian Rindu Pemuda Desa, Paket Fashion Show, Vocal Grup Ina Ama Yame, Musikalisasi Puisi:Jeritan Orang Biasa, Musik dan tarian tradisional Ro’a Mu’u, teater Sang Mandor,Paduan Suara Gemu Fa Mi Re, Vocal Grup  Lori Lolo, Asamble Musik  Cinta dan Viva Lavida.

Dalam setiap pentas, penonton selalu histeris, terutama tatkala ratusan siswa-siswi menunjukkan pentasan Perkusi yang dikemas secara baik.

Warga berteriak histeris dan tak sedikit dari mereka merangsek maju ke panggung tama untuk menyaksikan jalannya pentasan dari dekat.

Apresiasi

Plt. Sekda Sikka Robertus Ray dalam sambutan membuka kegiatan dan diwawancarai Florespos.net usai pentas seni menyampaikan apresiasi kepada siswa-siswi SMPK Frater Maumere yang telah menunjukkan penampilan yang luar biasa  dalam aneka acara dan kegiatan selama ini seperti pengembangan prestasi siswa SMPK Frater Maumere, kegiatan pengimbasan prestasi SD Pengimbas,  kegiatan panen raya hasil belajar dan aktualisasi melalui Pentas Seni, dan rangkaian acara menarik di malam pentas seni.

“Pemkab Sikka menyampaikan apresiasi atas pelbagai inovasi dan kreativitas yang dilakukan SMPK Frater Maumere, terutama dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dan penerapan projek  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),” katanya.

Sangat Bangga

Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. M. Sebastianus, BHK, S.Ag, M.M dalam kata sambutan mengaku bangga dengan pelbagai kreativitas anak didiknya, dan kesungguhan mereka dalam mengimplementasikan program merdeka belajar dan penerapan P5.

“Kami sangat bangga dengan kreativitas dan penampilan para siswa,” katanya.

Frater Sebastianus menggarisbawah sekolah dengan bangga mengadakan pameran hasil karya dan pentas seni peserta didik ini, bukan karena ingin mencari sensasi, tetapi sekolah ingin memberikan pembelajaran bermakna kepada peserta didik mulai dari proses perencanaan sampai pada pemanfaatan hasil sehingga mereka memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan lengkap.

“Dan semoga melalui pengalaman belajar yang luar biasa ini mampu menggerakan, menggugah dan memotivasi mereka untuk terus belajar,” katanya.

Frater Sebastianus menggarisbawahi poin-poin penting dalam keseluruhan proses pembelajaran projek dan penguatan profil pelajar pancasila serta magang projek yakni adanya kerja sama, ada saling sharing ide, ada tukar-menukar gagasan, ada gotong-royong, ada persaudaraan, ada kreativitas, ada inovasi dan nilai-nilai positif lainnya yang mereka dapatkan dan mereka alami selama kegiatan berlangsung.

“Dan tentu ini semua adalah hal yang baik yang akan mengantarkan mereka menjadi manusia-manusia muda yang cerdas dan berkarakter pancasila, berkepribadian tangguh dan memiliki SDM yang unggul sebagai modal dasar pembangunan bangsa dan tentunya sebagai bekal bagi perjuangan mereka untuk menjemput masa depan yang lebih baik,” katanya.

Latar Belakang

Sementara Koordinator Umum Magang Literasi Bahasa dan Seni SMPK Frater Maumere, Albertus Lididong, S.Pd dalam laporannnya menjelaskan latar belakang kegiatan, termasuk kegiatan pengembangan prestasi siswa SMPK Frater Maumere, dan kegiatan pengimbasan prestasi sd imbas, serta kegiatan panen raya hasil belajar dan aktualisasi melalui pensi dan pameran 2023 di mana pergeseran kemajuan zaman yang diikuti dengan lahirnya generasi baru (hingga saat ini kita menyebutnya generasi alpha) sudah tentu mengharuskan lembaga pendidikan untuk melihat peluang dalam mengarahkan visi Indonesia.

Menurutnya, pendidikan saat ini  harus mampu menjawabi dua hal penting bagi pembangunan aset sumber daya manusia Indonesia yang bermasa depan,yakni  Life Skill yang inovatif dan mandiri, dan  membangun jaringan kerja atau Network dalam kemitraan yang produktif.

“Kedua hal ini menjadi barometer gambaran aset masa depan Indonesia yang sudah kita mulai dari Nian Tanah Sikka, NTT  untuk 20, 40, dab 60 tahun ke depan. Dengan semangat kolaborasi-gotong royong, kita terus melajukan Indonesia untuk  memimpin dunia,” katanya.

Dijelaskannya, kegiatan aktualisasi pameran dan pensi hari ini dengan temaMerdeka Belajar, Harmonisasikan Budaya; Kontribusi Seni Anak Sikka Mendorong  Ekonomi Kreatif Nusantara,” merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan akbar sekolah meliputi: Kegiatan Magang Literasi Bahasa dan Seni, Kegiatan Pengembangan Prestasi Siswa SMPK Frater Maumere, Kegiatan Pengimbasan Prestasi SD Basis yang secara keseluruhannya telah dimulai sejak tanggal 16 Oktober 2023 dan mencapai puncak perayaaans di malam hari in, 1 Desember 2023 dalam bentuk Pentas Seni.

“Kegiatan Magang Literasi Bahasa dan Seni, Kegiatan Pengembangan Prestasi Siswa SMPK Frater Maumere, Kegiatan Pengimbasan Prestasi SD Basis, serta Wadah Aktualisasi Perayaan Belajar melalui Pameran dan Pensi pagi tadi hingga malam hari ini menjadikan sederetan bukti kemitraan kita di rumah belajar SMPK Frater Maumere untuk  mengarahkan dan menyiapkan babak inovasi baru merdeka belajar yang mampu mendorong kreativitas dan kemandirian ekonomi, sosial, budaya Nusantara Indonesia,” katanya.

Segala inovasi program pembelajaran di SMPK Frater Maumere baik itu Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler di Rumah belajar SMPK Frater Maumere telah dianalisis dan dipetakan secara terukur sehingga memiliki sinergitas dan linearitas dengan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang menjawabi tujuan pendidikan nasional, tujuan pembangunan daerah Kabupaten Sikka, visi-misi dan budaya sekolah yang dapat berdampak bagi kebutuhan masyarakat, transformasi Indonesia emas 2045.

Terima Kasih

Warga yang menyaksikan pentas seni yang menampilkan karya terbaik siswa-siswi SMPK Frater Maumere menyampaikan terima kasih kepada Kasek SMPK Frater dan para guru, para pendamping siswa untuk setiap mata acara yang dipentaskan, para siswa dan semua pihak yang dengan caranya menyukseskan pentas seni akbar di awal Desember 2023 itu.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Kasek dan para guru serta para siswa SMPK Frater Maumere yang telah menyukseskan acara pentas seni akbar mala ini,” kata Made.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Nur, warga Kota Uneng, Kecamatan Alok Timur.

“Saya dan beberapa umat Islam menyaksikan setiap acara yang dipentaskan  mala ini. Semua mata acara yang dibawakan para siswa sangat luar biasa, dan memberikan kepuasan dan inspirasi untuk kami, Terima kasih SMPK Frater Maumere,” katanya.

Sebelumnya, diberitakan media ini, SMPK Frater Maumere menggelar pameran dan pementasan seni bertajuk “Merdeka Belajar, Harmonikan Budaya: Kontribusi Seni Anak Sikka Mendorong Ekonomi Kreatif Nusantara”.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka Germanus Goleng di Aula Mardi Wiyata Maumere, Jumat (1/12/2023). *

Penulus: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *