Oleh: RD. Donnie Migo

Sabtu, 2 Desember 2023

(Sabtu Pekan Biasa ke XXXIII)

Saudara-saudariku yang terkasih dalam Kristus,

Menjelang Masa Adven, Tuhan mengingatkan kita sekalian melalui teks injil hari ini (Lukas 21:34- 38) untuk berjaga dan berdoa sehingga kita memperoleh kekuatan yang dapat melindungi kita dari pesta pora, kemabukkan dan kepentingan-kepentingan duniawi.

Di sekitar kita memang penuh dengan tantangan dan cobaan, oleh sebab itu peringatan Tuhan Yesus ini tentu masih sangat relevan untuk konteks kita saat ini, lagi pula jika kita merenungkan secara mendalam, sebagai manusia kapan saja kita dapat tergoda untuk jatuh ke dalam pelukkan dosa.

Berjaga adalah salah satu kebajikan kristiani, di mana kita diingatkan untuk berpikir sebelum bertindak, bertanya diri sebelum melangkah dan melihat apa saja resiko yang harus dihadapi.

Berjaga juga berarti berwaspada sehingga langkah kita tidak membawa kita pada pintu dosa.

Lebih jauh lagi, berjaga secara kristiani berarti kemampuan untuk merefleksikan iman dan mengambil keputusan yang tepat ketika berhadapan dengan situasi-situasi dalam kehidupan kita.

Sikap berjaga di satu sisi sangat penting tetapi di sisi lain Tuhan Yesus mengingatkan agar berjaga
dalam doa.

Maksudnya adalah doa menjadi sarana bagi kita agar dalam berpikir, melangkah dan mengambil keputusan, kita mesti berkomunikasi dengan Allah.

Kadang kita lebih banyak berkomunikasi dengan diri kita, dengan pikiran kita saja tanpa mempedulikan bagaimana kita
membawa pikiran itu dalam terang Roh Kudus dan segala kebenaranNya.

Seberapa sering kita mempersembahkan rencana dan kegiatan kita dalam doa sehingga Allah sudi menuntun langkah kita?

Sikap berjaga dalam doa ini, merupakan persiapan kita untuk masuk dalam kerajaan yang telah disiapkan bagi kita, sebagaimana penjelasan Nabi Daniel dalam nubuatnya bahwa segala kerajaan
dan wilayah kekuasaan akan diserahkan kepada Dia yang memiliki kerajaan dengan kekuasaan yang kekal.

Marilah kita mempersiapkan diri kita menjelang Masa Adven ini, untuk berjaga dalam doa, sehingga kita layak menyambut Kristus yang akan datang di hari natal. *

RD. Donnie Migo, Imam Keuskupan Maumere, Mahasiswa Global Programs (Missouri School of Journalism) pada University of Missouri, USA

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *