RUTENG, FLORESPOS.net-Tidak diinginkan siapapun kalau jalan raya yang baru rampung dikerjakan kembali rusak seperti pada jalur jalan Mano menuju Wae Wake, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, NTT, belakangan ini.

Jalur jalan yang sudah mulus rusak lagi akibat bencana alam berupa hujan intensitas tinggi yang mengakibatkan terjadinya longsoran pada area jalan raya, Minggu (26/11/2023).

Pada jalur yang ada ada dua titik yang parah rusaknya, yakni di Desa Golo Rengket dan Desa Bea Wake. Bentuk bencana tanah longsoran pada tebing pada pinggir dan bahkan menyentuh badan jalan.

Pada titik di Desa Bea Waek, badan jalan nyaris putus akibat badan jalan longsor.

Seorang warga, Sosimus mengatakan, belakangan ini memang hujan sudah turun dengan intesitas tinggi. Akibatnya tanah yang labil mudah longsor.

“Wilayah ini memang rawan longsor. Kalau hujan turun lebat dan lama, pasti diikuti dengan  longsoran,” katanya.

Buktinya yang terjadi sekarang ini, bencana muncul pada jalur jalan yang baru rampung dikerjakan.

Kondisinya diharapkan  tidak kian parah yang berakibat jalur jalan putus. Kalau terjadi masyarakat yang akan merasakan kesulitan lagi untuk bepergian.

Karena itu, Pemkab atau Dinas PUPR Matim segera melakukan upaya agar kerusakan tidak kian parah pada sejumlah titik pada jalur jalan yang ada ini.

Sedangkan Kepala Bina Marga Dinas PUPR Matim, Ibrahim Mubarak Mapawa per pesan WA mengatakan, pihaknya segera akan turun ke lokasi guna memastikan kondisi kerusakan jalan raya tersebut.

“Kita segera cek lokasi guna memastikan titik yang rusak parah dan juga diikuti dengan penanganan,” katanya.

Penanganan yang menjadi prioritas adalah mengupayakan agar jalan tidak putus total.

Sebelumnya, Direktur PT Menara Armada Pratama, Paulus Sumito mengatakan, longsoran yang menyebabkan jalan rusak murni karena bencana alam.

“Ini faktor alam yang menyebabkan longsoran pada jalur jalan yang ada,” katanya.

Masalah kerusakan yang ada, pasti akan diperbaiki nantinya. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *