FLORESPOS.net-Cumi-cumi bisa diperoleh dari kandungan proteinnya yang hampir setara dengan daging ayam. Manfaat cumi-cumi sangatlah banyak. Cumi-cumi bisa meningkatkan imunitas dan sejumlah mineral di dalamnya memperkuat tulang dan gigi.

Melansir alodokter.com, cumi-cumi mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, selenium, niasin, folat, kolin, serta vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

Berkat kandungan nutrisinya, konsumsi cumi-cumi bisa memberikan beragam manfaat kesehatan berikut ini:

1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat cumi-cumi yang pertama adalah meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan protein, selenium, zinc, serta vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Dengan tubuh yang sehat, kamu pun tidak akan mudah terinfeksi penyakit.

2. Memperkuat Tulang

Manfaat cumi-cumi selanjutnya adalah memperkuat tulang. Ini karena cumi-cumi mengandung protein, fosfor, dan kalsium.

Mencukupi kebutuhan harian ketiga nutrisi tersebut bisa membuat tulang lebih kuat.

Memiliki tulang yang kuat sangat penting untuk mendukung setiap aktivitas yang kamu lakukan.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Cumi-cumi mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut dibutuhkan untuk memproduksi enamel gigi agar gigi tidak mudah rusak dan berlubang.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Nutrisi ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah di otak, mendukung perkembangan fungsi otak, serta meningkatkan daya ingat.

Kamu bisa mendapatkan asupan omega-3 dengan mengonsumsi makanan laut, seperti ikan dan cumi-cumi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain baik untuk kesehatan otak, omega-3 yang terkandung di dalam cumi-cumi juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Nutrisi ini mampu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

Selain itu, omega-3 juga baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Dengan manfaat ini, risiko kamu terkena penyakit jantung pun akan berkurang.

6. Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

Kandungan kalium di dalam cumi-cumi cukup banyak.

Di dalam tubuh, mineral ini berperan untuk menjaga keseimbangan elektrolit sehingga pengiriman sinyal saraf tetap lancar agar semua otot bisa berfungsi dengan baik.

Nah, salah satu sumber kalium yang bisa kamu konsumsi adalah cumi-cumi.

7. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tidak hanya menjaga kesehatan otot dan saraf, kalium juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap normal. Tentu saja manfaat ini sangat baik bagi kamu yang memiliki penyakit hipertensi.

Cukup banyak bukan manfaat cumi-cumi untuk kesehatan? Mulai sekarang, kamu nggak perlu lagi nih menghindari makanan yang satu ini.

Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu perlu membatasi jumlah konsumsinya dan cara pengolahannya.

Soalnya, kadar kolesterol di dalam cumi-cumi cukup besar. Kadar ini akan melonjak apabila cumi-cumi diolah dengan cara digoreng.

Hal ini bisa membahayakan kesehatan, khususnya bagi penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, cumi-cumi juga termasuk jenis makanan yang bisa mengandung merkuri. Jika dikonsumsi berlebihan, zat kimia ini bisa menumpuk di dalam tubuh dan mengganggu kesehatan.

Jadi, bijaklah dalam mengolah dan mengonsumsi cumi-cumi dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *