BORONG, FLORESPOS.net-Bupati Manggarai Timur, NTT, Agas Andreas mendapat penghargaan Lencana Bakti Pembangunan Desa dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indoneisa (Kemendes PDTT RI).

Piagam penghargaan dan lencana diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT RI, M. Halim Iskandar pada malam puncak Anugerah Desa Wisata Nusantara 2023, di Hotel Aruna Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTT.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas yang dihubungi Florespos.net Sabtu, (25/11/2023) mengatakan penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas dukungan, dedikasi serta komitmen Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dalam pengembangan pariwisata khususnya desa wisata.

Pada malam Anugerah Desa Wisata Nusantara tersebut, salah satu desa wisata, yakni Golo Loni di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur meraih peringkat 9 untuk kategori desa sangat tertinggal/tertinggal/ berkembang.

Bupati Agas Andreas mengatakan pengembangan desa wisata merupakan salah satu program prioritas yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Manggarai Timur sesuai amanat RPJMD 2019-2024.

Di Kabupaten Manggarai Timur terdapat 12 Desa Wisata yang tersebar di 9 kecamatan. Sejak penetapan 12 desa wisata pada tahun 2020, berbagai penghargaan telah diraih oleh desa-desa wisata tersebut.

Di antaranya, 300 besar Desa Wisata Kementerian Pariwisata yang diraih oleh Desa Wisata Colol dan Desa Golo Loni pada tahun 2021 dan tahun 2022.

Tahun 2022 Desa Wisata Golo Lijun berhasil meraih juara 1 Anugerah Pesona Indonesia dan Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional dari Kementerian Pariwisata yang diraih oleh Desa Golo Loni.

Pada tahun 2023, Desa Golo Loni masuk 10 besar Anugerah Pesona Indonesia untuk Kategori Dataran Tinggi Terbaik, 10 besar Anugerah Pesona Indonesia untuk Kategori Surga Tersembunyi yang diraih oleh Desa Wisata Colol.

Dan yang terbaru adalah peringkat 9 Lomba Desa Wisata Nusantara yang diraih oleh Desa Golo Loni pada November 2023. Penghargaan ini merupakan yang kedua yang diterima oleh Bupati Manggarai Timur di sektor pariwisata.

Lebih lanjut Bupati Agas Andreas mengatakan, Pemda terus membangun pariwisata terutama wisata desa. Pemda masih komit dengan pembangunan pariwisata berbasis masyarakat.

Pengembangan dan dukungan untuk wisata ke desa terus dilakukan, terutama dalam bentuk promosi.

“Berharap prestasi Golo Loni ini menjadi pemicu bagi desa-desa wisata lain untuk terus memaksimalkan potensi yang ada. Kita bergerak bersama menuju Manggarai Timur yang lebih maju dan lebih dikenal terutama di sektor pariwisata,” kata Bupati Agas Andreas. *

Penulis: Albert Harianto I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *