MAUMERE, FLORESPOS.net-Uskup Maumere Mgr. Edwaldus Martinus Sedu, 10 imam, dan ribuan warga lintas agama mengantar jenazah pejuang kemanusiaan Siflan Angi ke liang lahat di halaman rumah duka Jalan Beringin No. 30 Kelurahan Nangameting, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Sabtu (25/11/2023).

Upacara penguburan didahului oleh Misa Pemakaman yang dipimpin Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu di Gereja Centrum Maumere.

Rangkaian misa pemakaman dan acara penguburan diikuti 10 imam di antaranya Pastor Paroki Santo Thomas Morus Maumere RD. Domi Dange, Pastor Paroki Santo Gabriel Waioti RD. Laurens Noi; RD. Quirinus Galmin; RP. Wens, MGL; RP. Hubert Thomas Hasulie, SVD; RP. Muche Bakang, SVD; RP. Marsel Vande Raring, SVD; RD. Raymond Minggu, dan beberapa pastor dan puluhan suster dari pelbagai kongregasi.

Turut hadir Provinsial Kongregasi SSpS Flores Bagian Timur Sr. Ines Surat Lanan, SSpS; Ketua Perkumpulan Divisi Perempuan TRUK, Sr. Fransiska Imakulata, S.H.; Bupati Sikka Periode 2003-2008 Alexander Longginus; Bupati Sikka Periode 2013-2018 Yoseph Ansar Rera; Wakil Bupati Sikka Periode 2018-2023 Romanus Woga yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Sikka, sejumlah anggota DPRD Sikka,pimpinan partai politik, dan elemen warga dari pelbagai kecamatan di Kabupaten Sikka.

Selain itu hadir juga beberapa warga lintas agama di antanya Boy Satrio dan beberapa warga yang mengenakan jilbab, dan perwakilan agama Hindu, Buddha, dan Kristen Protestan.

Meneladani Sikap Siflan Angi

Romo Domi Dange dalam homilinya antara lain mengutip pernyataan yang pernah dilontarkan Mendiang Siflan Angi dalam suatu kesempatan.

Demikian petikannya “Entah saya sebagai DPR atau pun tidak, namun untuk kasus-kasus seperti ketidakadilan atau pelanggaran hak asasi manusia, saya akan berteriak sampai mati sekalipun, dan saya anggap perjuangan itu mulia”.

“Seluruh hidupnya di dunia ini, pada akhirnya ditutup  dengan pernyataannya dan komitmennya itu,” kata Romo Domi.

Romo Domi mengajak elemen umat yang hadir saat itu untuk meneladani sikap hidupnya yang baik, sambil terus mendoakan keselamatan jiwanya agar almarhum boleh menikmati kebagiaan bersama Tuhan yang ia imani.

“Mari kita meneladani  sikap hidupnya yang baik, sambil terus mendoakan keselamatan jiwanya agar almarhum  boleh menikmati kebagiaan  bersama Tuhan yang ia imani,” pinta Romo Domi.

Siap Lanjutkan Perjuangan Siflan Angi

Perwakilan Jejaring HAM RP Hubert Thomas Hasulie, SVD dalam sambutan sebelum pemberkatan penutup antara lain menyatakan komitmen untuk terus melanjutkan perjuangan yang telah  dilakukan Siflan dan tim jejaring HAM selama ini.

“Kita perlu mengambil inspirasi dari cara hidupnya Siflan,” kata Pater Hubert Thomes Hasulie.

Komitmen serupa dan kesaksian seputar perjuangan Siflan Angi juga disampaikan Perwakilan Forkoma PMKRI Leo B. da Lopez, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Sikka Romanus Woga, Wakil Ketua DPRD Sikka Yoseph Karmianto Eri; Alexander Longginus selaku Sahabat/Rekan Perjuangan Siflan Angi; tokoh masyarakat Yoseph Ansar Rera.

Mereka berharap agar jiwa perjuangan Siflan Angi harus terus dilanjutkan, dan maafkan almarhum bila dalam hidup telah menyakiti hati siapa pun.

Terima Kasih dan Mohon Maaf

Sementara perwakilan keluarga, Sensi Milo dalam sambutannya antara lain menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing hadir dan mendoakan keselamatan jiwa almarhum Siflan Angi.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf bila selama hidupnya, almarhum melakukan hal-hal yanh tidak berkenan, baik secara sengaja, maupun tidak sengaja,” kata Sensi Milo.

Usai misa pemakaman, jenazah Siflan Angi diarah oleh perwakilan pengurus DPD Partai Nasdem ke rumah duka di Jalan Beringin No 30 untuk selanjutnya dilanjutnya dengan rangkaian acara penguburan, dan penaburan bunga. *

Penulis: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

1 Komentar

  1. Saya sering membaca berita di Media cetak dan menemukan nama yg cukup familiar Bapak Siflan Angi , serta banyak hal yg disampaikan ( gagasan yg pro pada keadilan dan perdamaian) namun cukup terkejut dgn berita duka kepergian beliau utk selamanya.. Doa Kami menyertai mu Pa Siflan. Engkau telah kembali ke alam MISTERI jadilah pendoa bagi sesama dan keluarga..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *