MAUMERE, FLORESPOS.net-Dalam upaya memaknai peringatan Hari Guru ke-78, puluhan guru dan ratusan siswa SMPN 2 Maumere menggelar aneka lomba yang berlangsung di lembaga pendidikan itu, Sabtu (25/11/2023).

Media ini mencatat, ada dua lomba yang melibatkan guru dan siswa yakni lomba memasak nasi goreng yang dibagi dalam empat kelompok di mana setiap kelompok terdiri dari dua orang guru dan dua orang siswa; serta lomba voli putra yang melibatkan guru dan siswa. Selaku juri dalam lomba memasak nasi goreng yakni Ibu A, Manafe dan Ibu Roliva Bunga.

Selain lomba memasak, juga para siswa mengikuti lomba cerdas cermat antarsiswa, dan lomba karoke.Untuk lomba cerdas cermat diikuti empat kelompok di mana tim yang menang ditentukan oleh empat juri yakni Pak Darius, Pak Ignas, Ibu Gabi, dan Ibu Aty.

Ada pun pemenang lomba cerdas cermat untuk juara I dengan nilai 900 diraih Grup C dengan personel Si Angesia A Dona. Loisa A.D Marila, dan Maria Ayustia Nona.

Juara II dengan nilai 750 dari Grup B diraih Maria VirginiPetronela Astika, dan Saviana Nona Indri.

Juara III dari Grup A dengan nilai 550 diraih Hendrikus Manto, Agnes Diantari  dan Margareta.

Kepada para pemenang diberikan hadiah alat tulis dan hadiah menarik lainnya yang disiapkan oleh panitia.

Pada momen ini, para guru juga saling menukar kado. Setiap guru menyiapkan satu kado spesial yang ditukarkan kepada guru lainnya. Ada pun kado yang hendak ditukarkan harus memenuhu persyarakatan di antaranya harga minimal Rp20.000 dan kado itu bukan merupakan barang yang sekali dipakai.

Guru Terlibat Aktif Saat Apel Bendera

Disaksikan media ini, momen bersejarah  HUT Guru ke-78 di SMPN 2 Maumere tahun ini berjalan suskes. Kesukseskan tidak terlepas dari partisipasi aktif dari semua guru yang dipercayakan sebagai petugas dalam apel bendera memperingati HUT Guru ini.

Selaku inspektur upacara pada peringatan ini adalah Wakil Kepala (Wakasek) II  Kesiswaaan dan Humas K. Moat Pedan, S.Pd dan Komandan Upacara Petrus Makin, S,Pd. Selaku pengerek bendera Ibu Robeka N.D Kasing, S,Pd; Ibu Febronia Skolastika, S.Pd; dan Ibu Agnes Ratnawati.

Para guru lainnya mendapatkan tugas selaku pengerek bendera Arnoldus Yulianus, S.Pd; Roliva Bunga, S.Pd; dan Darius P, S.Pd.

Guru-guru SMPN 2 yang mendapatkan tugas saat apel Hari Guru ini yakni Ikrar Guru  dibacakan oleh Gabriela B., S.Pd; UUD 1945 dibacakan oleh Elisabeth Y.S.S. D. Sona, M.Pd; Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan oleh  para guru dan siswa yang dipimpin/dirigen  Ibu Theresia Nona  Truce dan keyboard Ignasius B. Nani, S.Fil; doa dibawakan oleh Ibu Febronia Uni, S.Ag. Sementara Komandan Regu dipercayakan kepada Ibu Robeka N.D. Kasing, S.Pd; Ibu Febronia Skolastika, S.Pd, dan Ibu Agnes Ratnawati, S.Pd.

Disaksikan media ini, para guru yang bertugas saat apel ini, menjalankan tugas dengan sangat baik, kompak dan penuh tanggung jawab.

Guru Harus Tangguh, Optimistis dan Ceria

Sementara Wakasek II Bidang Kesiswaaan dan Humas Bapak K. Moat Pedan, S.Pd antara lain guru dituntut untuk membuat peserta didi nyaman di dalam ruang-ruang pembelajaran.

Menurut Wakasek Moat salah satu cara  yang dapat dilakukan untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dengan cara mencontohkan perilaku  tangguh, optimistis, dan ceria.

“Guru perilaku  tangguh, optimistis, dan ceria,” kata Wakasek Moat.

Aspek Akademik, Seni dan Olahraga

Sementara Wakasek I Bidang Kurikulum Anselmus Vitalis Mude Kiok, S.Pd didampingi Wakasek III Bidang Kepegawaian dan Administrasi Ibu Elisabeth Y.S.S.D. Sona, M.Pd kepada media ini menambahkan bahwa aneka lomba yang digelar untuk memaknai HUT Guru ke-78 tahun ini meliputi aspek akademik, seni dan olahraga.

“Unikanya dalam perlombaan untuk memaknai HUT Guru ke-78 memenuhi tiga aspek di atas yakni akademik, seni dan olahraga,” kata Wakasek I Anselmus.

Kontributor: Ayu dan Margrestha (OSIS SMPN 2 Maumere)

Editor: Wall Abulat

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *