LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Janji Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT, membantu pengembangan sektor pertanian di negara Timor Leste jadi kenyataan, karena mulai terealisasi.

Ketua Kadinda Mabar Charles Angliwarman menanggapi media ini di Labuan Bajo belum lama berselang, mengatakan, pengembangan usahanya di sektor pertanian di Timor Leste sekarang sedang berjalan. Di antaranya ijin import bibit padi sudah dilakukan setelah mendapat ijin tertulis dari Pemerintah Pusat (Pempus) melalu kementerian terkait. Namun terkait bibit, ada perusahan lain yang menanganinya.

Di Timor Leste, demikian Angliwarman, Kadinda Mabar hadir untuk edukasi, share pengalaman dengan petani setempat, Timor Leste tentang bertani yang baik. Sehingga padi/beras yang dihasil/diproduksi petani Timor Leste kelak berlimpah dan bermutu tinggi, berkualitas premium atau bahkan super premium sebagaimana di Mabar.

Dengan begitu harganya di pasaran menjanjikan, dan tidak menutup kemungkinan beras Timor Leste suatu ketika dapat diekspor ke negara lain. Timor Leste selama ini menjadi sasaran impor beras dari negara lain, di antaranya beras asal Vietnam, katanya.

Terkait pengembangan sektor pertanian tersebut, Kadinda Mabar melakukan demo ploting di Timor Leste. Tenaga Kadinda Mabar mendampingi/edukasi petani setempat mulai sebelum pengolahan lahan hingga pasca panen. Luas areal demo ploting tersebut puluhan hektar.

“Tenaga kita sekarang sudah ada di Timor Leste. Bibit padi dan lainnya juga sudah di sana. Pokok kita mulai pengembangan pertanian di Timor Leste. Semoga aman dan lancar,” kata Angliwarman.

Menurut Angliwarman, yang dilakukan pihaknya adalah kerja sama 2 negara, kerja sama dua pemerintahan, yaitu Indonesia dan Timor Leste melalu Kadin RI dan Kadin Timor Leste yang bernama CCI. Dan Kadin RI dalam hal ini melalu Kadinda Mabar.

“Semua ada MoU-nya. MoU antara Kadin RI dan CCI Timor Leste. CCI itu sama dengan Kadin kalau di Indonesia,” kata Angliwarman sambil memperlihatkan buku peta jalan Indonesia emas 2045.

Diberitakan media ini sebelumnya, sukseskan pertanian, Kadinda Manggarai Barat Kabulkan Permintaan Pemerintah Timor Leste. *

Penulis: Andre Durung I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *