ENDE, FLORESPOS.net-Uskup Keuskupan Ruteng, Mgr. Sipri Hormat memberkati dan menahbiskan gereja baru kuasi Paroki St Donatus Bhoanawa Keuskupan Agung Ende (KAE) pada Minggu (19/11/2023) pagi.

Mgr Sipri Hormat didampingi pastor kuasi Paroki Bhoanawa RD. Domi Nong dan imam konselebran.

Perayaan ekaristi penthabisan gereja baru itu dihadiri ribuan umat kuasi paroki Bhoanawa dan juga dari luar paroki. Usai perayaan ekaristi penahbisan dilanjutkan dengan resepsi bersama di halaman gereja.

Uskup Sipri dalam homilinya pada perayaan itu saat datang ke paroki ini disambut oleh umat dari latarbelakang budaya yang berbeda.

Meski berbeda budaya, kata Uskup Sipri, umat paroki Bhoanawa telah ada dalam persekutuan gereja yang sama dan persatuan yang kuat.

“Saat penjemputan saya melihat umat di wilayah inj memiliki latar belakang yang berbeda tetapi memiliki persatuan yang kuat,” kata Uskup.

Meski berbeda budaya dan asal namun umat paroki Bhoanawa tetap berada dalam perahu dan pelayaran yang sama menuju pelabuhan yang sama.

“Berbeda budaya dam latar belakang tetapi tetap jaga persatuan. Semoga gereja yang indah ini tetap menjadi rumah persekutuan umat Bhoanawa. Perayaan hari ini membawa kita pada cinta dan persatuan,” kata Uskup Sipri.

Keindahan gereja ini juga menjadi inspirasi menumbuhkan harapan dan kasih ibarat air yang terus mengalir. Dari gereja ini mengalir spirit kasih dan keutamaan Kristiani.

Gereja baru kuasi paroki St Donatus Bhoanawa dibangun oleh RD. Domi Nong dan solidaritas umat sejak tiga tahun lalu. Gereja dengan kontruksi dan aksesoris kekinian itu menjadi salah satu gereja megah di Keuskupan Agung Ende.

Uniknya di depan gereja ini tepatnya di tembok luar balkon terlihat ada lambang lima sila pancasila sehingga umat sering menyebutnya dengan nama gereja pancasila. *

Penulis: Willy Aran I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *