LEWOLEBA, FLORESPOS.net-Mantan Wakil Presiden Koperasi Kredit (Credit Union) Asia ( ACCU) Romanus Woga atau akrab disapa Romi menyampaikan sejumlah kiat yang menjadi panduan berwirausaha bagi puluhan pengelola kelompok Sahabat Obor Mas di Lembata saat membawakan materi “Enterpreneurship Sebagai Jalan Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan” di Lantai 2 Kantor Cabang Utama Lewoleba, Kamis (16/11/2023).

Seminar dipandu moderator Oktavianus Persis Talan yang juga Manajer Cabang Utama Obor Mas Manggarai .

Hadir dalam seminar ini di antaranya Direktur PT PANDAI Samsudin, pimpin PBJS Kesehatan, pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Ketua Pengurus Kopdit Obor Mas Markus Menando dan anggota pengurus, Ketua Pengawas Obor Mas Frans da Lopez dan anggota pengawas, General Manager Kopdit Obor Mas Leonardus Frediyanto Moat Lering, S.Ak, M.M. para manajer cabang Obor Mas se NTT, Manajer Puskopdit Swadaya Utama Fransiscus de Fransu, para Pengelola Kelompok Sahabat Obor Mas dari pelbagai pelosok Lembata, dan pegiat koperasi lainnya.

Romi menyebut beberapa kiat yang mesti diperhatikan oleh Sahabat Obor Mas dalam berwirausaha di antaranya.
Pertama, pastikan selalu menyimpan 30% dari penghasilan untuk tabungan.
Kedua, harus mampu mengendalikan pengeluaran supaya lebih kecil dari penghasilan menghindari besar pasak daripada tiang.

Ketiga, memiliki simpanan terencana untuk berbagai kebutuhan ke depan.
Keempat, memiliki anggaran darurat, asuransi, simpanan hari tua. Kelima, kunci menjadi lebih sejahtera adalah mampu mengendalikan pengeluaran sehingga lebih banyak menabung.

Keenam, upayakan tidak memberi bob kepada pembeli atau pelanggan.
Ketujuh, percaya diri jika Anda percaya diri maka Anda lebih tahan terhadap berbagai tekanan termasuk mitos di atas.

Wakil Bupati Sikka periode 2018-2023 jni juga mengsharingkan sejumlah pengalamannya selama memimpin Koperasi Kredit Asia dan selama menjadi Ketua Inkopdit dan mengunjungi puluhan negara di dunia dalam upaya memajukan koperasi.

“Kita harus memajukan koperasi dan mengembangkan wirausaha sesuai prinsip koperasi,” kata Romi.

Sangat Inspiratif

Beberapa peserta Seminar dan pengelola Sahabat Obor Mas di antaranya Elias Is Haryanto, Yohanes Donbosco, dan Hironimus Kia Papang menyampaikan apresiasi atas pelbagai kiat berwirausaha yang disampaikan Mantan Wakil Presiden Koperasi Kredit Asia itu.

“Materi yang dibawakan oleh Bapak Romi ini sangat inspiratif dan konkret yang bisa menjadi panduan kami untuk berwirausaha,” kata Elias.

Untuk diketahui seminar jni merupakan satu dari sejumlah kegiatan yang dijalankan dalam upaya memaknai HUT OBOR MAS ke-51 dan peresmian Kantor Cabang Utama Lewoleba yang puncaknya dilaksanakan pada Jumat (17/11/2023).

Beberapa kegiatan yang sudah, sedang dan akan dilakukan di antaranya pendidikan bagi pengelola sahabat Obor Mas, jalan sehat dan bagi-bagi hadiah, seminar sehari, misa syukuran dan pemberkatan gedung, dan acara malam hiburan menghadirkan beberapa artis. *

Penulis Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *