LEWOLEBA, FLORESPOS.net-Puluhan pengelola Sahabat Obor Mas dari pelbagai kecamatan di Kabupaten Lembata, NTT, sangat antusias mengikuti Seminar Sehari bertema “Memperkuat Eksistensi Usaha Produktif Anggota Melalui Produk dan Layanan yang Profesional dan Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian”.

Seminar berlangsung di Lantai 2 Kantor Cabang Utama Obor Mas Lewoleba, Kamis (16/11/2023), dibuka oleh Asisten Setda Kabupaten Lembata Yohanes Brechmans Wutun Dai. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong.

Tampil empat narasumber, yakni Staf Diklat dan Hubungan Internasional Inkopdit Getri Anania Simbolon yang membawakan materi “Pengembangan Usaha Anggota Sebagai Wujud Kepedulian Sosial Credit Union  Terhadap Kesejahteraan Masyarakat.”

Lalu, Deputi Perkoperasian Kemenkop & UKM RI, Ahmad Zabadi membawakan materi “Optimalisasi Pemanfaatan  KUR untuk Mendukung Usaha Produktif Anggota”.

Mantan Wakil Presiden Koperasi Kredit Asia (ACCU) Romanus Woga membawakan materi “Entrepreneruship sebagai Jalan Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan” dan Direktur PT PANDAI, Samsudin,S.E., S.E.As, M.M. membawakan materi “Asuransi Sebagai Perlindungan Finansial dan Keamanan Jangka Panjang Bagi Usaha Anggota”.

Seminar ini merupakan satu dari aneka kegiatan  untuk memaknai HUT ke-51 Kopdit Obor Mas yang puncaknya akan dilaksanakan di Kantor Cabang Utama Lewoleba, Jumat (17/11/2023).

Hadir dalam seminar ini, Kadis Koperasi dan Nakertrans NTT Sylvia R. Peku Djawang, Ketua Pengurus Obor Mas Markus Menando dan anggota pengurus, Ketua Pengawas Fransiskus da Lopez dan anggota pengawas, General Manager (GM) Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering, S.Ak, M.M, Ketua Panitia HUT ke 51 Vincentius Hubertus, Manajer Cabang Utama Lewoleba Mukhlis Akbar dan para manajer cabang dari seluruh NTT, para karyawan Obor Mas, pengelola kelompok Sahabat Obor Mas, dan para undangan.

Narasumber Getri Simbolon didampingi Moderator Valerianus Samador dalam materinya antara lain menggarisbawahi beberapa hal di antaranya pentingnya komitmen bersama memajukan ekonomi anggota, pentingnya upaya pengentasan kemiskinan, butuh komitmen pertumbuhan ekonomi, dan pelbagai inovasi untuk pemberdayaan ekonomi anggota.

Pertumbuhan Sangat Pesat

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando dalam laporannya antara menjelaskan pertumbuhan usaha Obor Mas hingga Oktober 2023 di mana anggota sudah mencapai 141 897 orang, aset Rp1,267triliun; total simpanan Rp 911 M lebih; saldo simpanan beredar Rp 1,162 Triliun, dan karyawan 469 orang yang tersebar pada 22 cabang di NTT.

Sangat Positif

Beberapa pengelola Sahabat Obor Mas yang mengikuti seminar di antaranya Nikolaus Labi dan Maria Duli menyampaikan apresiasi kepada pengurus, manajemen, dan panitia yang menyelenggarakan aneka kegiatan,  termasuk seminar sehari.

“Aneka kegiatan, termasuk seminar sehari ini sangat positif,” kata Nikolaus Labi.*

Penulis: Wall Abulat I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *