RUTENG, FLORESPOS.net-Dalam pesan Natal bersama Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) dan Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) juga mengingatkan umat dan siapapun di negeri ini, termasuk di Manggarai raya, NTT, untuk perduli pada lingkungan hidup.

Dalam kopian pesan Oikumene PGI dan KWI untuk Natal tahun 2023 ini yang diterima wartawan dari Keuskupan Ruteng, Rabu (15/11/2023), di antara banyak pesan, terselip juga seruan untuk menjaga alam semesta.

Para pemimpin Gereja itu menyatakan bahwa tindakan memuliakan Allah bukan saja membangun hubungan yang harmonis antar sesama manusia, juga perlu dan harus melakukan upaya menjaga dan merawat alam semesta.

“Damai sejahtera tidak hanya untuk manusia, juga dengan sesama ciptaan,”pesan para pemimpin gereja itu.

Dalam konteks itu, maka perayaan Natal 2023 ini, kiranya mendorong umat atau siapapun untuk semakin perduli, kritis, dan berani menolak berbagai bentuk perusakkan lingkungan hidup.

Perusakkan itu seperti pemanfaatan sumber daya alam tanpa pemulihan. Atau perilaku yang menyebabkan terjadinya pencemaran air, tanah, dan udara yang sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup semua makhluk.

Dikatakan, tanggung jawab menjaga lingkungan hidup ini merupakan panggilan dan perutusan Allah sendiri bagi semua umat beriman.

Dan, kesejahteraan bagi semua makhluk hidup itu hanya akan terwujud bila alam cipta-Nya terpelihara dan terjamin kelestariannya.

Sebelumnya, Sekretaris Keuskupan Ruteng Rm. Manfred Habur Pr, mengatakan, pesan Natal Oikumene telah dikirim ke pelbagai keuskupan di Indonesia, termasuk untuk Keuskupan Ruteng. Pesannya perlu semua umat tahu.

“Semua harus tahu pesan-pesan para pemimpin gereja ini. Harap dibacakan pada setiap momen berkumpul umat,” katanya. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *