RUTENG, FLORESPOS.net-Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyelenggarakan perlombaan untuk menguji kepintaran dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan cerdas cermat.

Perlombaan itu untuk tingkat sekolah dasar (SD) seluruh Manggarai. Tampil adu kepintaran adalah murid terbaik dari setiap kecamatan untuk berlaga di tingkat kabupaten.

Seremoni pembukaan yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Manggarai dibuka Kadisnya Frans Gero didampingi sejumlah stafnya.

Hadir para murid SD yang sudah dalam keadaan siap mengikuti perlombaan yang didampingi para guru dan kepala sekolahnya.

Kadis Pendidikan Frans Gero mengatakan, upaya untuk memacu dan memicu semangat belajar anak sekolah harus terus dilakukan agar out put pendidikan setiap tingkat pendidikan semakin baik dari waktu ke waktu.

“Karena itu, kita programkan lomba-lomba ini. Dengan itu anak-anak dan guru harus kerja keras agar siap ikut lomba,” katanya.

Dikatakan, hasil perlombaan akan memperlihatkan kinerja di sekolah seperti apa. Siswa tampil, maka sudah pasti sekolah bekerja dengan baik dalam mendidik dan menyiapkan anak-anak.

Karena itu, apresiasi tinggi ke sekolah-sekolah yang anak muridnya tampil di tingkat kabupaten baik dalam OSN maupun dalam lomba cerdas cermat.

Namanya perlombaan, maka di sana ada kompetisi. Kompetisi yang sehat tentunya.

Dalam kompetisi sehat, maka peserta lomba dilatih untuk berjiwa besar seperti menghormati kelebihan orang lain, fair, jujur, sopan, dan tetap menjaga suasana kebersamaan.

Karena itu, Dewan Juri dan panitia diminta untuk objektif dan berlaku adil untuk semua peserta perlombaan. Karena sering soal muncul ketika terjadi kongkalingkong di antara para pengambil keputusan.

Sedangkan Kabid ibu Dewi mengatakan, perlombaan akan diadakan selama dua hari dengan tempat penyelenggaraan untuk OSN berlokasi di SDK Ruteng 1  dan cerdas cermat di Aula Dinas Pendidikan.

“Yang tampil ini, yang terbaik dari 12 kecamatan. Hal itu berarti murid yang tampil ini yang juara dari kecamatan,” katanya.

Peserta lomba nantinya sudah pasti diberikan piala dan hadiah uang. Untuk OSN, yang juara tingkat kabupaten akan mengikuti Olimpiade tingkat Provinsi dan bahkan Nasional nantinya. *

Penulis: Christo Lawudin I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *