LABUAN BAJO, FLORESPOS.net – Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki sembilan potensi bencana yang mesti selalu diwaspadai.

Demikian data potensi berdasarkan kajian risiko bencana Kabupaten Mabar 2019-2023. Data ini diperoleh Florespos.net dari Sekretaris BPBD Mabar, Yohanes B. Stat baru-baru ini di Labuan Bajo.

Berdasarkan data tersebut, ke 9 potensi bencana yakni bahaya banjir, bahaya banjir bandang, bahaya gempa bumi, bahaya tsunami, bahaya tanah longsor, bahaya gelombang ekstrim dan abrasi, bahaya cuaca ekatrim, bahaya kekeringan, serta bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Selama beberapa bulan terakhir di 2023 ini, ungkap Stat, potensi bencana paling dirasakan di Mabar yakni cuaca ekstrim, dan kekeringan. Ditengarai hal itu terjadi karena elnino, dan disinyalir pula bahwa hal itu melanda di seantro Indonesia.

Sehubungan dengan ini pula, Pemkab Mabar melalui BPBD  setempat telah mengingatkan seluruh masyarakat daerah itu via surat tertulis untuk selalu hati-hati terhadap bencana, ujar Stat.

Sebelumnya Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Mabar, Isfridus S. Tobong, mengatakan, data potensi bencana di Kabupaten itu ada pada sekretarisnya, Yohanes B. Stat. *

Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *