LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berkomitmen menurunkan pengangguran terbuka di daerah itu melalu kebijakan perencanaan dan anggaran.

Demikian jawaban Pemkab Mabar pada sidang paripurna Dewan setempat di Labuan Bajo baru-baru ini, terhadap pemandangan umum Fraksi- Fraksi DPRD Mabar terhadap pengantar nota keuangan atas RAPBD Mabar TA 2024, khusus pemandangan umum Fraksi Nasdem.

Pada paripurna tersebut jawaban Pemkab Mabar disampaikan Bupati Edistasis Endi. Sedangkan pemimpin sidang Ketua Dewan Martinus Mitar. Hadir wakil rakyat dan jajaran Pemkab Mabar.

Menurut Pemkab Mabar, terhadap isu upaya penurunan kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan manusia serta peningkatan pendapatan per kapita masyarakat menjadi perhatian dan komitmen semua pihak.

Secara umum, kata Pemkab Mabar, dalam dokumen perencanaan dan penganggaran sudah memuat kebijakan dan rencana program kegiatan lintas OPD yang diharapkan mampu memberikan daya ungkit terhadap pengurangan kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan manusia serta peningkatan pendapatan perkapita.

APBD Mabar, ungkap Pemkab, menjadi salah satu dari sekian instrumen, seperti  APBN, APBD Provinsi, dan APBDes yang dibutuhkan untuk menangani isu penurunan kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan manusia serta peningkatan pendapatan perkapita.

Pemkab Mabar terus berkomitmen melalu kebijakan penganggaran untuk menurunkan angka pengangguran terbuka di Manggarai Barat.

Kebijakan- kebijakan berupa pemberian pelatihan-pelatihan teknis yang sesuai kebutuhan pasar, kegiatan menjembatani tenaga kerja dengan pasar kerja, optimalisasi keberadaan balai latihan kerja serta perluasan akses ke jenjang pendidikan baik formal maupun informal merupakan beberapa langkah yang diambil guna mengurangi angka pengangguran terbuka.

Rencana pembangunan Mabar 2024, kata Pemkab Mabar, harus menjadi pijakan bersama dalam melangkah lebih jauh guna menyusun kebijakan penganggaran yang berbasis rencana prioritas.

Pemkab Mabar berupaya maksimal untuk mewujudkan beberapa target yang telah ditetapkan.

Dengan demikian secara bertahap akan menjawab kebutuhan dasar masyarakat dan pembangunan yang kita cita-citakan bersama, ungkap Pemkab Mabar.

Pada paripurna sebelumnya di tempat yang sama, Fraksi Nasdem mendorong Pemkab Mabar terkait rencana pencapaian target pertumbuhan ekonomi, langkah penurunan kemiskinan, penurunan angka pengangguran terbuka dan langkah-langkah prioritas pemerintah tahun rencana 2024 dalam mengoptimalisasi peran sektor pariwisata untuk meningkatkan indikator makro pembangunan daerah, peningkatan infrastruktur dasar, serta peningkatan produksi mutu dan kontinuitas produksi pertanian serta melanjutkan Reformasi birokrasi. *

Penulis: Andre Durung I Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *