LARANTUKA, FLORESPOS.net-Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kabupaten Flores Timur, NTT, melakukan bakti sosial (Baksos) membersihkan karung dan kardus isi sampah yang bertebaran di sepanjang ruas jalan pintu masuk dan keluar bagian timur Kota Larantuka.

Baksos membersihkan sampah dari Pura Agung Weri, Kecamatan Larantuka hingga Watowiti, Desa Tiwatobi, Kecamatan Ile Mandiri, Rabu (8/11/2023) sore itu dipimpin Ketua HAKLI Flores Timur, Ferdinandus Mada.

Ferdinandus Mada akrab disapa Rudi mengatakan, bakso tersebut merupakan salah satu program kerja dari HAKLI Flores Timur dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 12 November.

HAKLI Flores Timur Bersihkan Sampah Sepanjang Pintu Masuk Timur Kota Larantuka

HAKLI Flores Timur memilih kegiatan baksos membersihkan dan memungut sampah di sepanjang ruas jalan Weri-Watowiti karena sampah berkaitan erat dengan kesehatan lingkungan masyarakat apalagi rumah tangga.

“Baksos ini berkaitan dengan HKN. Kami memilih lokasi ini karena banyak sampah yang di buang. Beberapa waktu lalu sempat diberitakan media sepanjang jalan ini penuh dengan sampah. Ini bukan tempat pembuangan sampah. Ini pintu masuk Kota Larantuka,” kata Rudi.

Menurut Rudi, sampah-sampah yang dibersihkan dan dipungut umumnya sampah rumah tangga, mulai dari botol-botol air kemasan, plastik sampai popok bayi dan lainnya.

“Ini sampah rumah tangga. Paling banyak itu pampers. Sepanjang jalan ini merupakan pintu masuk Kota Larantuka. Tidak sedap dipandang dan tidak sehat dari segi lingkungan,” katanya.

Rudi yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Flores Timur itu mengatakan, salah satu program HAKLI adalah mengenai kesehatan lingkungan yang dimulai dari rumah tangga.

“Kami lakukan dengan harapan tidak ada lagi yang buang sampah sembarangan termasuk sepanjang ruas jalan ini. Buanglah sampah pada tempatnya agar lingkungan kita sehat. Menjaga kesehatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ini harus menjadi kesadaran kolektif,” katanya.

Disaksikan Florespos.net, rombongan HAKLI Flores Timur berada di lokasi sekitar pukul 15.00 Wita. Mereka memunggut sampah, karung dan kardus berisi sampah yang selama ini bertebaran di sepanjang jalan tersebut.

HAKLI Flores Timur Bersihkan Sampah Sepanjang Pintu Masuk Timur Kota Larantuka

Sampah yang sudah dipungut, karung dan kardus berisi sampah langsung diangkut Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Flores Timur.

Sampah rumah tangga yang dibersihkan dan dipungut HAKLI Flores Timur sangat banyak. Satu armada truk DLH terlihat terisi penuh dengan sampah.

Sebelumnya diberitakan Florespos.net, kesadaran warga khususnya Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur terkait membuang sampah tergolong masih sangat rendah.

Buktinya, karung-karung dan kardus di dalamnya berisi sampah rumah tangga bertebaran dan berserakan di sepanjang kiri dan kanan bahu jalan ruas jalan Desa Tiwatobi-Watowiti, Kecamatan Ile Mandiri menuju Weri, Kelurahan Weri, Kecamatan Larantuka.

Ruas jalan negara tersebut merupakan pintu masuk dan keluar di bagian timur Larantuka, pusat kota dan Pemerintahan Daerah Kabupaten Flores Timur.

Pantauan Florespos.net, Sabtu (4/11/2023), begitu banyak karung dan kardus di dalamnya berisi sampah di buang di pinggir kiri dan kanan bahu jalan di sepanjang ruas jalan Tiwatobi-Watowiti dan Weri, Kelurahan Weri.

Bahkan karung dan kardus berisi sampah itu hampir saja di buang di badan jalan di sepanjang ruas jalan negara tersebut.

Sepanjang ruas jalan pintu masuk dan keluar Kota Larantuka itu, tidak ada tempat pembuangan sampah khusus. Tidak jauh dari Pura Agung Weri, ada papan informasi yang melarang keras membakar dan membuang sampah. *

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *