LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Indonesia Financial Group (IFG) Labuan Bajo Marathon jadi ikon baru agenda olahraga atletik di Tanah Air. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta secara signifikan.

Pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 2.000 pelari, meningkat 45% dari jumlah peserta IFG Labuan Bajo Marathon 2022 sebesar 1.500 pelari.

IFG Labuan Bajo Marathon 2023 yang merupakan agenda tahunan sejak 2022 diselenggarakan oleh holding badan usaha milik negara (BUMN) asuransi, penjaminan, dan investasi Indonesia Financial Group (IFG) beserta anak perusahaan.

Tak hanya pelari dalam negeri, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 juga diikuti oleh 47 pelari mancanegara. Mereka berasal dari Australia, Jepang, Italia, Austria, Zambia, Singapura, Yaman, Belanda, India, Kenya, Ethiopia, dan Perancis.

Hexana Tri Sasongko, Direktur Utama IFG menuturkan, sebagai ikon baru agenda lari di Indonesia yang mengusung konsep sport tourism, IFG Labuan Bajo Marathon sejalan dengan visi pemerintah untuk menggerakkan perekonomian di berbagai daerah, terutama melalui sektor pariwisata.

“Kombinasi olahraga lari dan pariwisata (sport tourism) ikut menggerakkan perekonomian masyarakat, serta bisa menjadi motor penggerak perekonomian di kawasan timur Indonesia dan mendukung Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia,” ujarnya dalam konferensi pers IFG Labuan Bajo Marathon 2023, Jumat (3/11/2023) sore.

IFG Labuan Bajo Marathon yang akan diselenggarakan pada Sabtu (4/11/2023) dengan start di Waterfront City Labuan Bajo, melombakan beberapa kategori, antara lain Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K dengan hadiah total Rp 500 juta dan tambahan bonus Rp 10 juta untuk pemecah rekor IFG Labuan Bajo 2022.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta, penyelenggara menyiapkan delapan ambulans bersama tenaga medis serta perlindungan asuransi.

Penyelenggara juga didampingi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) untuk memastikan bahwa perlombaan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

“Kami sangat menghargai komitmen IFG untuk menyelenggarakan event lari di Labuan Bajo untuk kedua kalinya. Kami dari PB PASI mendukung, karena Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai tempat lahirnya atlet Indonesia berskala nasional hingga internasional,” ujar Tigor M. Siahaan.

Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2023 sekaligus Sekretaris Perusahaan IFG, Oktarina Dwidya Sistha menjelaskan, penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 didukung oleh sumber daya lokal di Labuan Bajo.

Sebagai wujud komitmen dan semangat kolaborasi, penyelenggara bekerja sama dan mendapat dukungan teknis dari 500 masyarakat lokal Labuan Bajo selama pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2023.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat tersebut,” ujar Sistha.

Masyarakat lokal yang terlibat tersebut sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya dan siap bertugas dalam berbagai posisi antara lain pacers, marshal, petugas water station, dan berbagai peran teknis pendukung lainnya.

Menurut Sistha, ini merupakan bentuk sense of belongingmasyarakat Labuan Bajo terhadap kegiatan tahunan ini yang kedepan menjadi agenda rutin tahunan.

Kehadiran para pelari IFG Labuan Bajo Marathon 2023 secara langsung telah mendorong perekonomian di Labuan Bajo, mulai dari kuliner lokal, kerajinan khas, wisata, hingga sektor akomodasi.

Pasalnya, para peserta tidak hanya akan merasakan euforia lari di Labuan Bajo, tetapi juga dapat menikmati perjalanan pasca pertandingan dengan paket penginapan, perjalanan, dan wisata dengan paket bundling yang ditawarkan oleh penyelenggara.

Menjelang pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2023, IFG telah menyelenggarakan rangkaian acara Road to IFG Labuan Bajo Marathon 2023 di beberapa kota, yakni Surabaya, Bali, Mataram, Ruteng, dan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Di Jakarta, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 dilaksanakan setiap Minggu pagi.

Selain itu, IFG dan anak-anak perusahaan juga melakukan berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) di bidang ekonomi, sosial, lingkungan, dan Pendidikan.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang telah memilih dan menetapkan Labuan Bajo dalam agenda tahunan Tanah Air sebagai tempat pertandingan maraton.

Event bertaraf internasional ini secara langsung menggerakkan perekonomian, terutama sektor pariwisata di Manggarai Barat.

“Kami dengan senang hati akan menyambut Anda, tidak hanya saat maraton kali ini, tetapi juga pada kesempatan lain. Manggarai Barat menawarkan berbagai destinasi wisata,” kata Bupati Edi.

Untuk memeriahkan IFG Labuan Bajo Marathon 2023, pada Sabtu malam, penyelenggara juga menyiapkan Festival Musik dengan bintang tamu Endank Soekamti dan Club Dangdut Racun.

IFG adalah Holding BUMN Asuransi, Penjaminandan Investasi. IFG merupakan holding yang dibentuk pemerintah untuk berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan non bank yang lengkap dan inovatif melalui layanan asuransi, penjaminan dan investasi.

IFG berkomitmen menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya asuransi, penjaminan dan investasi yang akuntabel, prudent dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas. *

Penulis: Andre Durung / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *