LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Indonesia Financial Group (IFG), holding BUMN asuransi kepanjangan tangan pemerintah bersama anggota Holding yakni PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) bersinergi gelar edukasi dan literasi asuransi di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), di Labuan Bajo, Rabu (1/11/ 2023).

Berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Mabar, Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan menggelar seminar bertema “Membangun Generasi Emas Indonesia” kepada sekitar 300-an civitas akademika di kabupaten kepulauan di ujung barat Flores itu mulai dari para pengawas, kepala sekolah, guru, perwakilan mahasiswa Politeknik Elbajo, dan siswa- siswa sekolah setempat.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian event “IFG Labuan Bajo Marathon 2023” ini dilakukan sebagai upaya peningkatan inklusi asuransi bagi masyarakan Indonesia sekaligus untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Bupati Mabar Edistasius Endi menyambut baik, positif, penyelenggaraan seminar itu atas alasan edukasi dan peningkatan literasi asuransi di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Dia menilai penting sekali menumbuhkan kesadaran dan minat masyarakat untuk melindungi diri dan masa depannya dengan asuransi.

Selain literasi asuransi, seminar kali ini juga mengangkat sejumlah topik menarik dan relevan untuk diterapkan oleh dunia pendidikan di Tanah Air, termasuk di Manggarai Barat, seperti sosialisasi UU Perlindungan Anak, pengelolaan sampah, dan Kurikulum Merdeka.

Sinergi antara Indonesia Financial Group dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat ini merupakan inisiatif yang sangat baik dalam upaya membangun semangat generasi muda Labuan Bajo sebagai calon-calon pemimpin di masa depan Indonesia, tuturnya.

Yohanes Hani, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, berharap acara edukasi dan literasi ini dapat berlangsung secara konsisten dan berkelanjutan di masa depan guna mendukung pengembangan kepemudaan dan masyarakat di kawasan yang menjadi salah satu destinasi superprioritas Indonesia tersebut.

“Kami dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga di Kabupaten Manggarai Barat sangat mengapresiasi antusiasme dari Indonesia Financial Group melalui anggota holdingnya yang turut berperan aktif mendukung program-program kami di sini,” ujarnya.

Oktarina Dwidya Sistha, Corporate Secretary Indonesia Financial Group, berharap kegiatan edukasi dan literasi yang dilakukan dapat berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi, pariwisata, sosial, dan budaya di Kabupaten Manggarai Barat.

Selain melakukan edukasi dan literasi, IFG dan para anggota holding juga menggelar serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial dan bina lingkungan (TJSL) perusahaan berupa bantuan pendidikan bagi sekolah setempat, sosial, dan lingkungan.

“Beberapa poin yang kami sampaikan mencakup literasi asuransi, sosialisasi UU Perlindungan Anak, pengelolaan sampah juga kurikulum merdeka. Selain itu didistribusikan pula pemberian bantuan berupa pengecatan pagar dan bangunan 10 sekolah serta pemberian alat peraga/permainan edukatif (APE) untuk 10 PAUD di Labuan Bajo,” ujar Sistha, panggilan akrab Oktarinda Dwidya Sistha.

Sistha yang juga Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2023 menambahkan bahwa kegiatan edukasi dan literasi yang merupakan bagian dari rangkaian acara IFG Labuan Bajo Marathon 2023 pada Sabtu (4/11/2023) mendatang ini dapat berlangsung sukses dengan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

Pada tahun ini, lanjutnya, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 diikuti oleh lebih dari 1.900 pelari dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Gelaran ini merupakan yang kedua kalinya setelah IFG sukses menggelar gelaran serupa pada tahun lalu dengan konsep sport-tourism.

Mewakili manajemen IFG, kami mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Bapak Bupati, Bapak Kepala Dinas PKO, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para Mahasiswa dan Siswa sekolah serta segenap lapisan masyarakat Kabupaten Manggarai Barat atas penerimaan kehadiran kami serta semangat kolaborasi dalam pelaksanaan beberapa kegiatan kami yang telah dimulai sejak tanggal 28 Oktober kemarin hingga tanggal 6 November 2023 yang akan datang di Labuan Bajo, tutup Sistha. *

Penulis: Andre Durung / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *