MAUMERE, FLORESPOS.net-Puluhan siswa SMPK Frater (Spater) Maumere mengukir prestasi akademik dan non akademik tingkat nasional, tingkat provinsi, dan kabupaten menerima penghargaan dan aneka hadiah dari pihak sekolah.

Penghargaan juga diberikan kepada guru, pendamping dan tenaga kependidikan yang berjasa mengantar para siswa meraih prestasi gemilang selama ini.

Penghargaan diberikan oleh Kepala Sekolah (Kasek) SMPK Frater Maumere, Fr. M. Sebastianus, S.Ag, M.M bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, di Lapangan SMPK Frater Maumere, Sabtu (28/10/2023).

Para siswa yang berprestasi dan mendapatkan penghargaan untuk beberapa kategori. Pertama, kategori Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 Tingkat Nasional untuk Bidang Studi IPS diberikan kepada peraih medali perunggu atas nama Jhesline Vanesa Bosco dan dua finalis Veronika Gisela D. Nina Baga (IPS) dan Ruriko Keysha Lie (IPA).

Penghargaan juga diberikan kepada dua OSN Spater tingkat Provinsi Wiliam Ruslie (IPA), Kirana Lukita Bawono (IPA), Theresia Octaviani Baitanu (IPS), Maria Ivoni Rehing (IPS), Maria G. Trisha Bisinglasi (Matematika), Bartholomeus Tavinson Harbun (Matematika), dan Ni Putu Cinta Febriani (Matematika).

Kedua, penghargaan kategori Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Tahun 2023 diberikan kepada Inocentius Leonard B. Koli yang meraih medali perunggu (Kempo), Yustina Marsya Utha (Medali Perak Perisai Diri), Marychrist Eugenia L. Gobong yang meraih Medali Emas Kumite Kadet 52 kg.

Ukir Prestasi Nasional, Puluhan Siswa Spater Maumere Terima Aneka Penghargaan

Seterusnya Hermandika Radius Tuati yang meraih Medali Emas Kata Beregu, medali emas Kumite Kadet 50 kg; Julian Bernard Gratia yang meraih medali emas Kumite Pemula 30 kg bidang karate Sotokai.

Abigail Cheryl Dasri Plonan meraih medali emas kumite pemula 52 kg  (Karate Sotokai); Natasha Shanesa T. Bororing yang meraih medali perak Kumite pemula 52 kg (Karate Sotokai); Chelsy Aurelia Rihi yang meraih medali perak 30 kh (Karate Sotokai).

Try Angela Nona Wilda yang meraih medali perak Kumite Pemula 52 kg (Karate Sotokai); Gracia Renata A. Wula yang meraih medali perunggu Kumite Kadet 47 kg (Karate Sotokai); Isabel Michaelia Grasa yang meraih medali perunggu Kumite Kadet 45 kg (Karate Sotokai).

Letisia Q. Amora Blirong yang meraih medali perunggu Kata pra Pemula (Karate Sotokai); dan Elisabeth Agustia Parera yang meraih Medali Perunggu Kumite Pemula 30 kg (Karate Sotokai).

Ketiga, kategori Kejuaraan Kelompok Umur dan Seleksi Pra PON 2023  bidang renang penghargaan diberikan kepada Healdegardus Gerejati Banabera yang meraih empat medali emas cabang renang tingkat Provinsi untuk 1500 meter gaya bebas, 200 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya kupu-kupu; dan medali perak 100 meter gaya bebas.

Siswa berprestasi lainnya di bidang renang tingkat provinsi diberikan kepada I Dewa Ayu Letisha yang meraih medali emas untuk gaya bebas 50 meter dan 100 meter gaya bebas, dan medali perak 50 mater gaya dada.

Sementara siswi atas nama Maria C. Luisa Weakopa mendapatkan penghargaan atas prestasinya yang meraih medali emas bidang Perisai Diri tingkat provinsi.

Keempat, jalur mandiri Asosiasi Olimpiade Nusantara 2023 diberikan kepada Cheri Jhesline Ndai yang meraih medali emas bidang studi Matematika Tingkat Nasional (Matematika); Agnes Andini H. Banabera yang meraih medali emas bidang studi Matematika Tingkat Nasional.

Lalu, Elisabeth Angelich Putri Junian yang meraih medali perak Bidang Studi Bahasa Inggris Tingkat Nasional; Ivania Zenatha Leo yang meraih medali emas Bidang Studi Bahasa Inggris Tingkat Nasional; Maria Alexandra Liman yang meraih medali perunggu bidang studi IPA Biologi Tingkat Nasional.

Theresia Ovtaviani Baitanu yang meraih medali emas Bidang Studi IPS Tingkat Nasional; Maria Ivoni Rehing yang meraih medali emas Bidang Studi IPS Tingkat Nasional; Maria G. Trisha Bisinglasi yang meraih medali emas Bidang Studi Matematika Tingkat Nasional; dan Zevanya Nidya Nikita yang meraih Medali Perunggu Bidang Informatika Tingkat Nasional.

Kelima, kategori jalur Mandiri Sigma Sains Nasional diberikan kepada Jezaniah Evelyn Johanes yang meraih medali emas Bidang Stusi IPA dan Emas Bidang Studi IPS Tingkat Nasional; dan Mario Anthony Labina yang meraih medali perunggu Bidang Studi Bahasa Inggris Tingkat Nasional.

Keenam, penghargaan juga diberikan kepada Tim Futsal SMPK Frater Maumere yang meraih Juara 1 Futsal Putri SMAKBhar Cup 2023.

Ketujuh, kategori reward bagi pembina, pelatih, dan Creator Vlog diberikan kepada Koordinator MGMP IPS Theresia Oktaviana, S.Pd; Koordinator MGMP IPA Yasinta Monika B, Dapa, S.Pd; Koordinator MGMP Matematika Antonius Bruno, S.Pd., M.Pd; Pelatih Renang Beatus Ruslin Ben Bara, S.Pd.

Penyusun Naskah Vlog Nasional Karolus D.T. Toulwala, S.Pd; Kreator Vlog Nasional Junai Karlos D. Karangora, S.Pd; Kreator Vlog Nasional Yohanes Luka Kalu, S.Pd; dan pelatih dan Pembina Managemen Club Futsal Kabupaten.

Berkolaborasi Majukan Spater

Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. M. Sebastianus atau Yoseph Weko dalam sambutannya saat acara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan saat penyerahan hadiah antara lain menggarisbawah pentingnya berkolaborasi memajukan bidang pendidikan di Spater Maumere.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, lanjut Frater Sebastianus, lembaga yang dipimpinnya memberikan penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi baik dalam bidang  akademik maupun non akademik.

Selain kepada peserta didik, penghargaan juga diberikan kepada  Bapak-Ibu Guru dan pegawai selaku pembina/pendamping/pelatih yang telah berhasil  mengantarkan peserta didik untuk meraih prestasi.

“Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan. Motivasi dan semangat dari lembaga untuk peserta didik maupun pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah bekerja secara profesional, penuh dedikasi, penuh tanggung jawab. Karena keberhasilan diraih tidak dengan serta merta tetapi melalui proses perjuangan yang tak kenal lelah.”

“Atas nama pribadi dan lembaga saya ucapkan profisiat dan apresiasi kepada  peserta didik dan bapak/ibu guru dan pegawai selaku pembina atau pendamping/pelatih atas prestasi yang diraih yang telah mengharumkan nama lembaga pendidikan SMPK Frater Maumere dalam berbagai ajang perlombaan dan pertandingan, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun di tingkat nasional,” kata Fr. M. Sebastianus.

Frater Sebastianus pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya mendukung para siswa untuk mengukir aneka prestasi gemilang.

“Terima kasih secara khusus kami  sampaikan kepada orang tua/wali peserta didik yang selalu mendukung putra-putrinya sehingga bisa berprestasi. Pemberian penghargaan pada hari ini terasa sangat istimewa karena disaksikan langsung oleh perwakilan orang tua. Hal ini menunjukkan bahwa ada semangat kebersamaan, semangat berkolaborasi antara sekolah dan orang tua dengan satu tujuan yang sama yaitu  untuk kebaikan dan kesuksesan peserta didik,” katanya.

“Untuk itu, kepada anak-anakku sekalian sebagai generasi penerus, belajarlah dengan  tekun untuk membekali diri  dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan. Kembangkan segala potensi, bakat, kemampuan yang ada dalam diri agar anda  memiliki masa depan yang gemilang,” kata Frater Sebastianus.

Terima Kasih

Perwakilan Siswa Berprestasi, Jhesline Vanesa Bosco dalam sambutannya antara lain menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak baik Kepala Sekolah, para guru, teman kelas, pendamping/pelatih, maupun orang tua yang telah mendukung upaya mereka meraih prestasi di bidang akademik dan nonakademik.

“Dari hati yang tulus, kami  menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kami bisa meraih prestasi di bidang akademik dan nonakdemik, baik di tingkat kabupaten, Provinsi, maupun nasional,” katanya.

Jhesilnue pada kesempatan ini meminta rekan-rekannya agar jangan takut berproses untuk meraih prestasi gemilang.

“Jangan takut untuk berproses dan jangan ragu untuk untuk mengorbankan apa yang kita punya. Karena  di dunia ini tidak ada yang instan, dan percayalah proses tidak akan mengkhianati hasil.Mari kita semua bersama-sama berproses sehingga kita semua berubah kata dalam nama Tuhan Yesus menjadi kata Puji Tuhan.Sekian dan terima kasih,” kata Jhesiline.

Sementara Perwakilan Orang Tua, Ambrosius A.K.S. Gobang, S.T., M.T. dan  Pelatih  Karate Sotokai, Maria Getrudis A. Sube, S.STP dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Kasek dan SMPK Frater Maumere serta para pihak yang mendukung keberhasilan anak-anak mereka meraih prestasi gemilang.

Meriah

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Lingkup SMPK Frater Maumere berlangsung sangat meriah. Kemeriahan ditandai dengan kemasan acara yang disiapkan secara baik.

Selaku Pembina Upacara Kasek SMPK Frater Maumere, Fr. M. Sebastianus, BHK, S.Ag, M.M. Jalannya acara berlangsung aman dan sukses.

Usai upacara dilanjutkan pawai kemenangan para duta Spater yang mengukir prestasi gemilang di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten di sejumlah ruas utama Kota Maumere.

Sepanjang jalan yang dilalui, para  peserta menyampaikan orasi seputar pelbagai terobosan yang dilakukan SMPK Frater Maumere dalam upaya memajukan pendidikan selama ini, serta tekad untuk selalu melahirkan pelbagai inovasi untuk memajukan pendidikan ke depannya. *

Penulis: Wall Abulat/Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *