FLORESPOS.net-Ceker ayama tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, termasuk menjaga kesehatan kulit, kolagen yang terkandung dalam ceker ayam. Tapi ceker ayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Ceker ayam mungkin tidak dikonsumsi oleh sebagian orang. Hal ini karena tidak sedikit orang masih menganggap bahwa bagian ayam yang satu ini menjijikkan. Padahal, ada banyak manfaat ceker ayam yang bisa diperoleh saat mengonsumsinya.

Dilansir dari alodokter.com, selain terasa nikmat, ceker ayam juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Meski begitu, cara pengolahan yang tepat juga tetap perlu diperhatikan agar kandungan nutrisinya dapat diperoleh dengan maksimal.

Kandungan Nutrisi Ceker Ayam

Selain kaya akan kolagen, manfaat ceker ayam juga diperoleh dari sejumlah kandungan nutrisinya yang melimpah.

Berikut ini adalah beragam nutrisi yang terkandung dalam 100 gram ceker ayam: 19 gram protein, 0,2 gram karbohidrat,  88 miligram kalsium, 83 miligram fosfor, 1 miligram zat besi.

Sekitar 70% kandungan protein pada ceker ayam adalah kolagen. Selain itu,manfaat ceker ayam juga diperoleh dari nutrisi lainnya, seperti magnesium dan vitamin E.

Manfaat Ceker Ayam

Melihat kandungan nutrisinya, manfaat ceker ayam tidak perlu diragukan lagi. Selain dapat membantu memenuhi nutrisi untuk tubuh, ceker ayam memiliki beragam manfaat lainnya, di antaranya adalah:

1. Mencegah Keriput

Sebagian besar kandungan protein pada ceker ayam adalah kolagen.

Mencukupi konsumsi kolagen dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit, termasuk keriput dan garis halus. Selain itu, penelitian juga telah membuktikan manfaat kolagen dalam menghilangkan selulit.

Manfaat ceker ayam untuk kulit ini juga didukung dengan kandungan vitamin E dan vitamin C yang sama bermanfaatnya dalam mencegah keriput, serta menjaga kesehatan kulit secara umum.

2. Mencegah Osteoporosis

Selain dapat mengencangkan kulit, manfaat ceker ayam juga dapat dirasakan bagi kesehatan tulang, yakni mencegah terjadinya osteoporosis.

Manfaat ini masih diperoleh dari kandungan kolagen serta magnesium dalam ceker ayam yang dapat memperlambat proses penuaan dan pengeroposan tulang, serta membantu regenerasi tulang baru.

3. Mengurangi Nyeri Sendi

Di samping mencegah pengeroposan tulang, manfaat ceker ayam untuk kesehatan tulang juga dapat mengurangi nyeri sendi yang kerap kali dikeluhkan penderita osteoporosis.

Nyeri dapat terjadi oleh proses pengeroposan itu sendiri maupun peradangan yang terjadi karena proses pengeroposan pada tulang.

4. Meringankan Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

Kolagen dalam ceker ayam juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, kolagen juga merupakan struktur jaringan ikat pada usus. Dengan mengonsumsi kolagen, kesehatan usus pun akan terlindungi.

Manfaat ceker ayam ini terlebih dirasakan oleh penderita sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome) yang sering kali mengalami keluhan pada saluran cerna, baik berupa perut kembung, diare, maupun sembelit.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen mampu memgurangi frekuensi perut kembung yang dirasakan oleh penderita IBS.

5. Menjaga Kadar Gula Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan protein pada ceker ayam dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Saat dikonsumsi, protein akan merangsang pelepasan hormone glukagon. Hormon ini kemudian akan menyeimbangkan kadar gula darah, sehingga kadar gula darah tetap normal.

6. Mencegah Serangan Jantung

Kolagen juga memiliki peran yang penting terhadap kesehatan jantung. Nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Dengan demikian, peredaran darah ke seluruh tubuh tetap lancar dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk serangan jantung dan stroke.

7. Mencegah Anemia

Karena mengandung protein dan zat besi yang cukup tinggi, manfaat ceker ayam juga bisa diperoleh untuk mencegah anemia, terutama yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Namun, pastikan juga Anda mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang untuk menjaga kadar sel darah merah tetap normal.

8. Mencegah Gigi Berlubang

Manfaat ceker ayam lainnya ialah menjaga kesehatan gigi dan gusi. Hal ini karena ceker ayam mengandung kalsium, protein, dan fosfor yang tinggi.

Semua kandungan tersebut merupakan komponen yang sangat penting dalam pembentukan dan pemeliharaan gigi, termasuk dalam mencegah gigi berlubang.

Untuk mengoptimalkan manfaat ceker ayam, bahan makanan tersebut harus diolah dengan tepat. Berikut ini adalah saran mengolah ceker ayam yang baik:

– Bersihkan ceker ayam menggunakan air mengalir.

– Rebus ceker ayam selama 10–30 detik.

– Kupaslah lapisan kulit luar pada ceker ayam.

– Ceker ayam siap untuk diolah.

Hindari mengolah ceker ayam dengan cara digoreng karena dapat menghilangkan kandungan nutrisi dalam ceker ayam.

Meski jarang terjadi, ceker ayam juga bisa memicu reaksi alergi.

Jika Anda mengalami keluhan setelah makan ceker ayam, seperti mulut bengkak atau gatal-gatal serta sakit tenggorokan, segera hentikan konsumsinya dan periksakan diri ke IGD terdekat.

Untuk mengoptimalkan manfaat ceker ayam, pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya.

Bila Anda menderita kondisi medis khusus, termasuk memiliki koleseterol tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui nutrisi dan anjuran makan ceker ayam yang sesuai. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *