RUTENG, FLORESPOS.net-Bawaslu Kabupaten Manggarai, NTT, kembali menggelar Media Gathering untuk para wartawan berkaitan dengan tahapan Pemilu yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan.

Media Gathering diadakan di Kafe JJ Resto di Kumba, Kota Ruteng, Jumat (27/10/2023) dipimpin Ketua Bawaslu Alfan Manah didampingi anggota Yohanes Manase dan Sekretaris Bawaslu Yulianus Suwardi.

Dalam momen ini, narasumber tidak saja dari Bawaslu, juga Anggota KPU Manggarai, Rikard Pentor yang menjelaskan proses tahapan Pemilu yang sedang dilaksanakan hingga sekarang ini.

Ketika membuka Media Gathering itu, Ketua Bawaslu Alfan Manah mengatakan, bertemu dengan media merupakan agenda rutin dalam berupaya bertukar informasi tentang tahapan Pemilu yang sedang berjalan sekarang ini.

“Kami ingin dengar dari teman-teman media tentang situasi di lapangan atas penyelenggaraan Pemilu kita,” katanya.

Untuk Bawaslu momen ini dipakai untuk memberitahu publik apa saja pengawasan yang telah dilakukan atas tahapan Pemilu Legislatif saat ini.

Rekan-rekan media menjadi jembatan ke publik guna memberitahu publik tentang tahapan Pileg dan Pilpres sudah tahapan mana sekarang ini.

Dan, sekarang tahapannya pada proses menuju penetapan daftar Caleg tetap (DCT) yang telah dijadwalkan KPU Pusat yang dilaksanakan di Manggarai juga.

Dikatakan, pengawasan dalam proses penetapan daftar Caleg sementara (DCS) sudah jalan dengan baik. Pengawasan melekat dilakukan baik di KPU Manggarai maupun Parpol dan para bakal Caleg.

Malah, Bawaslu Manggarai, demikian Alfan, membuka posko pengaduan di tingkat kabupaten dan pada dua belas kecamatan guna menerima masukkan publik atas DCS itu.

Hasilnya, untuk posko di kecamatan, tidak ada pengaduan. Posko di kabupaten, ada satu pengaduan.

Tetapi, untuk pengaduan itu, setelah diselidiki dan diverifikasi datanya, laporan itu tidak benar alias hoax.

Anggotanya, John Manase mengatakan, pertemuan dengan kalangan media sudah lama diagendakan. Tetapi, baru sekarang bisa dilaksanakan lagi.

“Bagi kami ini penting sekali untuk berbagi informasi tentang pelaksanaan tahapan Pileg hingga sekarang. Masukkan dari teman-teman amat dibutuhkan,” katanya.

Sedangkan Kepala Sekretariat Bawaslu, Yulianus Suwardi mengatakan, kehadiran rekan-rekan media diapresiasi karena menjadi jembatan informasi ke publik.

“Untuk Pemilu sukses, tidak cukup hanya pada penyelenggara. Masyarakat, termasuk wartawan punya andil untuk Pemilu yang  sukses,” katanya. *

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *