LARANTUKA, FLORESPOS.net-Timotius Pater Koten, siswa SMK Ancop Berasrama Likotuden yang berlokasi di Desa Kawalelo, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur, NTT, terpilih mengikuti Jambore Kemah Bakti Saka Wirakartika di Bumi Perkemahan Nasional Cibubur-Jakarta.

“Jambore Kemah Bakti Saka Wirakartika ini diselenggarakan TNI AD. Siswa kami, Timotius Pater Koten dipanggil Fidel terpilih ikut jambore ini,” kata Kepala SMK Ancop Berasrama Likotuden, RD. Alfons Wungubelen kepada Florespos.net, di Larantuka, Kamis (26/10/2023).

RD. Alfons bersama beberapa siswa-siswi datang dari Likotuden, dusun kecil berjarak sekitar 20-an kilometer dari pusat Kota Larantuka itu baru saja mengantar Timotius Pater Koten, siswa Kelas XI Jurusan Perhotelan II, bertolak menggunakan pesawat menuju Jakarta.

“Fidel terpilih mewakili Kwarcab Flores Timur. Jambore Kemah Bakti Saka Wirakartika ini berlangsung dari tanggal 27-30 Oktober 2023. Sebelum berangkat, kami buat apel pelepasan di sekolah,” katanya.

RD. Alfons Wungubelen, Kepala SMK Ancop Berasrama Likotuden

Menurut RD. Alfons, selama ini Timotius Pater Koten aktif berlatih dan mengikuti ekstrakurikuler sekolah dan Kwarcab dibawah pembinaan Pembina Pramuka Albert Maran.

“Fidel baru selesai pelantikan Bantara Penegakan. Dia terpilih dari 4 orang siswa-siswi SMK yang seleksi. Fidel latihan setiap Minggu di kegiatan ekstrakurikuler sekolah oleh Pembina Pramuka Albert Maran,” katanya.

RD. Alfons mengaku bangga karena salah satu siswanya terpilih mengikuti kegiatan Jambore tingkat nasional di Bumi Perkemahan Cibubur-Jakarta.

RD. Alfons mengharapkan Timotius Pater Koten bisa mengikuti Jambore tingkat nasional tersebut dengan baik dari awal hingga selesai. Semangat dan disiplin mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal sampai selesai.

“Fidel membawa nama SMK Ancop dan Kabupaten Flores Timur. Kami berharap Fidel bisa ikuti seluruh kegiatan dari awal sampai akhir sehingga apa yang didapat bisa dibagikan kepada sekolah dan teman-teman lain,” katanya.

Ancop Punya Dua Jurusan

Sebelumnya di sela-sela kegiatan Pelatihan Kompetensi Tenaga Kerja Perhotelan yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur di SMK Ancop Berasrama Likotuden, Selasa (24/10/2023), kepada Florespos.net, RD. Alfons mengatakan, SMK Ancop Likotuden merupakan salah satu sekolah berasrama di Flores Timur.

Siswa SMK Ancop Berasrama Likotuden Terpilih Ikut Jamnas Kemah Bakti Saka Wirakartika. Foto: Dok.SMK Ancop

RD. Alfons mengatakan, SMK Ancop Berasrama mempunyai dua jurusan, yakni Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Dan salah satu misi SMK Ancop Berasrama yakni mempromosikan Larantuka sebagai Kota Reinha.

“SMK Ancop Berasrama Likotuden merupakan satu-satunya SMK di Kabupaten Flores Timur yang mempunyai jurusan perhotelan,” katanya.

Kata RD. Alfons, SMK Ancop yang sudah memasuki angkatan ke 6. Saat ini mendidik 207 orang siswa-siswi dengan rincian Kelas 10 sebanyak 105 orang, Kelas 11 sebanyak 95 orang, Kelas 12 sebanyak 17 orang.

Khusus Kelas 12, kata RD. Alfons, saat ini sementara menjalankan praktek kerja lapangan (PKL) di Kota Labuan Bajo (Kabupaten Manggarai Barat) dan Jakarta.

“Kami di sini PKL langsung 6 bulan. Mereka selesai PKL Desember 2023. Siswa-siswi kami merata di wilayah Keuskupan Larantuka. Ada Lembata, Adonara, Solor dan Larantuka. Dan ada juga dari Kabupaten Sikka,” katanya. *

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

1 Komentar

  1. PROFICIAT buat ade Fidel, semoga menjadi duta FLOTIM berkancah di tingkat Nasional…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *