BORONG, FLORESPOS.net-Pariwisata tidak hanya sebagai pengalaman perjalanan rekreasi, bepergian dan bersenang-senang, tetapi sebagai industri yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang nyata.

Demikian Bupati Manggarai Timur Agas Andreas saat memimpin rapat koordinasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Kabupaten Manggarai Timur yang di gelar desa wisata Golo Loni, Selasa, (24/10/2023).

Bupati Agas didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Boni Hasudungan, Kepala Dinas Kesehatan, Para Camat dan OPD terkait.

Kegiatan dilaksanakan di destinasi wisata tersebut dihadiri kurang lebih 80 orang peserta tentunya membawa nuansa dan suasana tersendiri.

Bupati Agas mengatakan kesehatan jiwa dan pariwisata memiliki kaitan yang erat. Pariwisata dapat menjadi salah satu intervensi medis untuk berbagai penyakit,termasuk kesehatan jiwa.

Salah satu solusi agar kesejahteraan dan kesehatan jiwa masyarakat terjaga adalah pengembangan industri pariwisata, lantaran seluruh warga dapat berperan serta dalam kegiatan pariwisata.

Karena itu, pemerintah menggalakkan pengembangan daya tarik wisata. Traveling alias berwisata bisa menjadi alat untuk memperbaiki kondisi jiwa yang kini disebut healing.

Masalah kesehatan jiwa merupakan masalah yang sangat kompleks dan dilematis karena stigma yang terlanjur melekat akibat kurangnya pemahaman akan isu ini.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Golo Loni ,Johan Okalung menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Manggarai Timur khususnya Dinas Kesehatan atas penyelenggaraan kegiatan resmi di daya tarik wisata .

“Kami selaku pengelola Desa Wisata Golo Loni tentunya mendukung upaya Pemda Manggarai Timur dan siap mengambil bagian dalam pencegahan maupun penanggulangan masalah kesehatan jiwa melalui sektor pariwisata. *

Penulis: Albert Harianto/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *