ENDE, FLORESPOS.net-Masa jabatan Bupati Ende, Djafar Achmad dan Wakil Bupati Emanuel Erikos Rede akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Menyikapi surat pemberitahuan dari pemerintah pusat terkait masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Ende itu, DPRD Ende menggelar rapat Paripurna pengumuman pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Ende pada Senin (16/10/2023) lalu.

Tiga hari kemudian, Kamis (19/10/2023) DPRD Ende menggelar rapat internal mengusulkan nama PJ Bupati Ende.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Ende, Fransiskus Taso, dihadiri semua ketua Fraksi di DPRD Ende serta Kabag Hukum Setda Ende, Ignasius Kapo.

Nama-nama calon PJ Bupati Ende yang diusulkan 8 Fraksi di DPRD Ende, yaitu Dr Agustinus Ngasu, Sekda Ende, Sulastry Rasyid, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, Yosep Rasi, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT dan Viktor Manek, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT.

Dalam rapat internal itu 8 Fraksi di DPRD Ende mengusulkan nama Sekda Ende, Dr Agustinus Ngasu jadi pj Bupati Ende.

Usulan dari 8 Fraksi di DPRD Ende itu antara lain Fraksi Nasdem mengusulkan Agustinus G. Ngasu, Sulastri Rasyid.

Fraksi PDIP mengusulkan Agustinus Ngasu dan Yosep Rasi. Fraksi Hanura mengusulkan Agustinus Ngasu, Sulastri Rasyid dan Viktor Manek.

Fraksi Demokrat mengusulkan Agustinus Ngasu dan Yosep Rasi. Fraksi PKS dan PAN mengusulkan Agustinus Ngasu, Sulastri Rasyid dan Viktor Manek.

Fraksi Golkar mengusulkan Agustinus Ngasu, Fraksi PSI mengusulkan Agustinus Ngasu dan Fraksi Gerindra mengusulkan Agustinus Ngasu dan Sulastri Rasyid.

Rapat internal membahas usulan dari DPRD Ende terkait calon PJ Bupati Ende itu memutuskan tiga nama calon yang diusulkan oleh DPR Ende adalah Agustinus G. Ngasu, Sulastri Rasyid dan Viktor Manek.

Selanjutnya hasil ini diserahkan untuk diproses di Komisi I untuk teknis  lainnya seperti persyaratan atau administrasi lainnya. *

Penulis: Willy Aran / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *