MAUMERE, FLORESPOS.net-Sosok alumnus Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia yang juga seorang penyintas Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)  yang meraih prestasi gemilang predikat Cum Laude bernama Paulus Lunga menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam meraih pendidikan formal di Kabupaten Sikka.

Sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilannya, Ketua Yayasan Bina Daya (Yasbida) Santo Vincentius Cabang Sikka Sr. Lucia, CIJ yang juga Kepala Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Santa Dymphna Maumere langsung menerima Paul sebagai pegawai pada lembaga itu (tenaga psikologi) dan langsung diberikan gaji sesuai standar Upah Minimal Provinsi (UMP) sehari pasca Yubilaris diwisuda menjadi Sarjana Prodi Psikologi Unipa Indonesia.

Khabar ini disampaikan Ketua Yasbida Cabang Maumere Sr. Lucia, CIJ, S.Ag yang juga Kepala Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Santa Dymphna Maumere kepada Florespos.net, Kamis (12/10/2023).

“Sebagai bentuk apresiasi kami atas prestasi yang diraih Pak Paul Lunga, maka yang bersangkutan langsung kami terima sebagai karyawan/pegawai di Panti Dymphna sejak Rabu (11/10/2023) dan ia sudah menerima gaji perdana,” katanya.

Kepala Panti Santa Dymphna Sr. Lucia, CIJ dan para pegawai/karyawan panti menggelar syukuran atas kelulusan Penyintas ODGJ Paul Lunga dengan meraih predikat Cum Laude di Panti Dymphna, Rabu (11/10/2023). Foto Stef Badin

Koordinator Umum Panti Dymphna Dion Ngeta, S.Fil dihubungi terpisah menambahkan selain mengapresiasi dengan langsung menerima Yubilaris sebagai karyawan Panti, Pimpinan Panti dan Yasbida serta semua komponen Panti menyampaikan apresiasi dengan menggelar syukuran dan salaman.

“Pimpinan langsung terima Paul untuk bekerja di Panti dan telah memberikan upah/gaji. Pimpinan dan kami semua sudah memberikan ucapan selamat atas prestasi yang ia raih,” katanya.

Siap Dampingi ODGJ dengan Tulus Hati

Paul Lunga yang ditemui terpisah menyampaikan terima kasih kepada Suster Lucia, CIJ; Plan Internasional, para donatur, Unipa Indonesia dan Pimpinan Panti yang telah mendukung perjuangannya menyelesaikan pendidikan strata 1 dan mengukir prestasi gemilang lulusan Cum Laude.

“Saya menyampaikan terima kasih dari hati yang tulus kepada Suster Lucia, CIJ dan semua warga Panti yang telah mendukung perjuangan saya untuk menyelesaikan pendidikan. Terima kasih juga untuk para donatur, khususya Plan Internasional dan jajaran Unipa Indonesia,” katanya.

Paul secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Sr. Lucia, CIJ dan kru Panti yang telah memulihkan kondisi kesehatannya, mendukung penuh proses pendidikannya, telah menerims sebagai karyawan/pegawai dan langsung mendapatkan honor/gaji pasca sehari setelah dikukuhkan menjadi sarjana (pascawisuda).

“Dari hati tulus, saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Panti Santa Dymphna Sr. Lucia, CIJ yang telah menerima saya sebagai karyawan dan telah memberikan saya gaji,” kata Paul bangga.

Paul berjanji akan menjalankan tugas dengan sepenuh hati di Panti, khususnya dalam upaya membantu Suster Lucia, CIJ dan para pegawai/karyawan panti untuk melayani ODGJ dengan tulus hati.

“Saya siap membantu Suster Lucia untuk membantu ODGJ di Panti Santa Dymphna. Saya siap mengabdi ODGJ dengan tulus hati,” katanya.

Profil Paul Lunga

Paulus Lunga merupakan anak keempat dari 7 bersaudara pasangan Ambrosius Jenga dan Kristina Muku. Paul lahir di Kotadhina, Nagekeo, 18 Januari 1996.

Paul menamatkan pendidikan SLTA di SMAN I Aesesa, Kabupaten Nagekeo. Studi Prodi Psikologi Unipa sejak tahun 2019 hingga tahun 2023.

Paulus Lunga, S.Psi didampingi Koordinator Umum Panti Santa Dymphna, Dion Ngeta, S.Fil (kiri) dan Stef Badin (kanan). Foto Istimewa

Paul meneliti dan menulis Skripsi berjudul “Hubungan Empati dan Sikap Religiusitas  dengan Perilaku Altruisme Pada Tenaga Kerja Kemanusiaan.”

Paul diwisuda menjadi Sarjana Psikologi pada 10 Oktober 2023. Sejak 11 Oktober 2023, Paul diterima sebagai tenaga Psikologi di Panti Santa Dymphna Maumere.

Penyintas ODGJ Kedua Yang Lulus Sarjana

Media ini mencatat, Paul Lunga merupakan penyintas ODGJ kedua warga dampingan Panti Santa Dymphna yang berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana strata 1.

Sebelumnya penyintas atas nama Maria Klaudia Wona atau akrab disapa Yonce asal Woloweku, Kabupaten Ende menyelesaikan Pendidikan Sarjana Agama pada Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) Santo Sirilus Ruteng pada tahun 2015 lalu.

Yonce melanjutkan pendidikan S1 atas dukungan penuh Sr. Lucia, CIJ dan bantuan RP. Dr. Hubert Muda, SVD. Setelah menamatkan pendidikan sarjana, Yonce memilih mengabdi pada salah satu lembaga pendidikan di salah satu sekolah di Kalimantan.

Sebelumnya Florespos.net memberitakan Pemimpin Panti Rehabilitasi Santa Dymphna Maumere, Sr. Lucia, CIJ mengaku sangat bangga karena salah seorang warga binaannya mantan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bernama Paulus Lunga atau akrab disapa Paul meraih prestasi gemilang kelulusan terpuji atau Cum Laude saat dikukuhkan menjadi Sarjana Psikologi pada Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia dan diwisuda di Aula Nawacita Unipa Indonesia pada Selasa (10/10/2023).

“Saya dan seluruh warga Panti Santa Dymphna Maumere sangat bangga dengan pencapaian yang diraih Paul,” kata Suster Lucia, CIJ usai mendampingi Paul dalam rangkaian acara wisuda di Kampus Unipa Indonesia, Selasa (10/10/2023).

Suster Lucia mengemukakan bahwa Paul dijemputnya bersama 4 orang perawat di Kabupaten Nagekeo yang difasilitasi oleh Plan pada tahun 2017.

“Kondisi Paul saat itu sangat memprihatinkan. Ia sangat galak sepanjang jalan dari Nagekeo sampai ke Maumere,” kata kisah Suster Lucia.

Pada awal masa pendampingan, lanjut Suster Lucia, Paul melakukan beberapa aksi nekat di antaranya menarik kabel listrik dan memanjat tembok.

“Berkat kemurahan dan belas kasihan Tuhan, setelah kurang lebih 6 bulan kami dampingi, Paul mengalami penyembuhan,” kata Suster.

Setelah mengalami penyembuhan, lanjut Suster Lucia, pihaknya dipercaya menjadi karyawan Panti Santa Dymphna.

“Pada tahun 2019, saya beri kesempatan kepada Paul untuk kuliah di Unipa Indonesia jurusan Psikologi. Ia selesai tahun 2023 dengan salah satu kelulusan terbaik Cum Laude dan diwisuda pada Selasa 10 Oktober 2023,” katanya.

Terima Kasih

Suster Lucia, CIJ menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan pemerhati yang tulus mensupor keterbatasan, kekurangan dan kesulitan di Panti, termasuk untuk mendukung perjalanan kuliah Paul hingga sukses meraih pendidikan strata 1.

“Kasih Anda yang tulus, membuat saya tetap kokoh berdiri walau hampir mau menyerah. Kasih para donatur yang tulus membuat saya kuat walaupun dalam kondisi sakit. Kesuksesan Paul adalah kesuksesan kita semua. Dengan kerendahan hati dan kejujuran jiwa, saya mengucapkan  limpah terima kasih. Terima kasih kepad para donatur, terima kasih Plan Indonesia yang telah mempercayai Panti Dymphna. Salam kasih dan doaku,” katanya.

Untuk diketahui Paul bersama 545 tamatan Unipa Indonesia lainnya diwisuda oleh Rektor Unipa Indonesia Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si di Kampus Unipa Indonesia, Selasa (10/10/2023). Paul merupakan Sarjana Psikologi.

Ia menggarap Skripsi berjudul “Hubungan Empati  dan Sikap Religiusitas dengan Perilaku Altruisme pada Tenaga Kerja Kemanusiaan.” Paul meraih IPK 3,85 alias kelulusan dengan Predikat Cum Laude. *

Penulis: Wall Abulat/Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *