LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Proses pencarian WNA asal Cina bernama Yi Liu, seorang perempuan usia 27 Tahun yang hilang sejak 3 Oktober 2023 saat berwisata di Pantai Long Pink Beach Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, telah ditutup.

“Proses pencarian korban kami tutup di hari ke tujuh karena pencarian sudah tidak efektif lagi dan tanda-tanda penemuan korban sudah sangat kecil, namun apabila di lain hari korban ditemukan maka operasi SAR akan dibuka kembali,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam rilisnya, Selasa (10/10/2023).

Ridwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator) dalam rilis yang diterima Florespos.net, Selasa (10/10/2023) menjelaskan, penutupan operasi SAR hari ke-tujuh ini sesuai UU No.29 Tahun 2017 Pasal 34 bahwa pelaksanaan pencarian dan pertolongan dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 7 hari.

Pada pelaksanaan pencarian korban pada hari ke-tujuh, kata Ridwan, pihaknya mengerahkan alut RIB Pos SAR Manggarai Barat, Searider KSOP Labuan Bajo, Kapal Pinisi Qifadzah dan Sekoci di sekitar lokasi kejadian namun hasil nihil, korban pun dinyatakan hilang.

Sebelumnya, hilangnya korban bermula pada 3 Oktober 2023 pukul 08.30 Wita, Kapal Wisata Qifadzah 03 yang membawa korban dan rombongan tiba di mooring Pantai Long Pink Beach.

Selanjutnya Kapten Kapal menyarankan agar seluruh penumpang turun di Pantai Long Pink Beach untuk menikmati keindahan alam Pantai Long Pink Beach.

Namun, sekitar pukul 10.00 Wita seluruh wisatawan Kapal Wisata Qifadzah diinstruksikan untuk kembali ke kapal. Dan saat pendataan manifest penumpang, korban sudah tidak ada di tempat. *

Penulis: Wall Abulat / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *